PENERAPAN DEMAND FORECASTING EXPONENTIAL PADA PRODUK SUSU “SGM ANANDA 6-12 BULAN” PERIODE MARET�JULI 2021 DI PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA Tbk. BRANCH KOTABUMI(KP.16.18.21.55)

Nurbaiti, Nurbaiti and Ariffien, Afferdhy and Senja Widyawati, Kartika (2021) PENERAPAN DEMAND FORECASTING EXPONENTIAL PADA PRODUK SUSU “SGM ANANDA 6-12 BULAN” PERIODE MARET�JULI 2021 DI PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA Tbk. BRANCH KOTABUMI(KP.16.18.21.55). [Teaching Resource]

[img] Text
BAB Inurbati.pdf

Download (90kB)

Abstract

Laporan ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa penting dalam mengetahui cara penerapan Demand Forecasting Exponential pada produk Susu “SGM Ananda 6-12 Bulan” periode Maret – Juli di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Branch Kotabumi. Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk membuat laporan ini didasarkan pada hasil pengamatan dan wawancara awal yang penulis lakukan dengan staff gudang pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Branch Kotabumi, dimana masih belum diberlakukannya perhitungan perkiraan secara praktis untuk mengetahui jumlah permintaan khususnya pada produk susu “SGM Ananda 6 – 12 Bulan”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Demand Forecasting Exponential dan juga menggunakan Visual Basic (VBA) pada Microsoft Excel, dengan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan yang meliputi observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa adanya penurunan permintaan pada produk susu “SGM Ananda 6 – 12 Bulan” pada bulan September 2021. Dari hasil perhitungan menunjukkan jumlah sebanyak 164 carton pada minggu ke-2 dan 165 carton pada minggu ke-4 pada bulan Agustus, dan sebanyak 165 carton pada minggu ke-1 hingga minggu ke-4. Berdasarkan analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan, maka penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut: perusahaan perlu melakukan pengamatan tentang masalah atau faktor yang mempengaruhi penurunan permintaan, perusahaan harus meningkatkan dalam strategi pemasarannya, dan juga dapat melakukan promosi dan melakukan diskon / potongan harga agar dapat menarik konsumen. Dengan begitu, maka jumlah permintaan akan lebih meningkat

Item Type: Teaching Resource
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:59
Last Modified: 07 Apr 2022 06:59
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item