Fikria, Yusrina and Nur Siswanto, Budi and Ariffien, Afferdhy (2017) LAPORAN KERJA PRAKTIK PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI ERP SAP DI PT. KIMIA FARMA TRADING & DISTRIBUTION CABANG BANDUNG. (KP.16.14.17.7). [Experiment]
Text
BAB I.docx Download (29kB) |
Abstract
ABSTRAK PT. Kimia Farma Trading & Distribution cabang Bandung (KFTD Bandung) mulai menerapkan ERP pada tahuhn 2016 dengan menggunakan software System Application and Product in data processing (SAP). Keputusan untuk menerapkan aplikasi ERP SAP bukanlah keputusan yang mudah karena penerapannya membutuhkan biaya yang tinggi serta penyesuaian proses kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi ERP SAP di PT. Kimia Farma Trading & Distribution cabang Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang bersifat survei dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner kepada 10 orang user software tersebut. Uji validitas kuesioner dengan membandingkan nilai rhitung dengan rtabel, dan uji reliabilitas dengan membandingkan nilai Cronbach’s Alfa. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah dengan teknik Pearson Correlation. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa baik variabel kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadpan kepuasan pengguna sistem ERP SAP di KFTD Bandung. Kata kunci : kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, kepuasan pengguna, sistem informasi ERP SAP.
Actions (login required)
View Item |