Laporan Kerja Praktik Analisis Optimalisasi Penerimaan Barang Berdasarkan Teori Antrian Menggunakan Metode Multi Channel Single Phase Pada Divisi Inbound DI PT.AGILITY INTERNASIONAL HALIM PERDANAKUSUMA ( KP.16.15.18.36 )

Aldo Ronaldo, I Gede and Adriant, Irayanti and Ariffien, Ir. Afferdhy (2018) Laporan Kerja Praktik Analisis Optimalisasi Penerimaan Barang Berdasarkan Teori Antrian Menggunakan Metode Multi Channel Single Phase Pada Divisi Inbound DI PT.AGILITY INTERNASIONAL HALIM PERDANAKUSUMA ( KP.16.15.18.36 ). [Experiment]

[img] Text
BAB I - PENDAHULUAN.pdf

Download (349kB)

Abstract

BAB VI PENUTUP 6.1 Kesimpulan Berdasarkan pembahasan diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa model antrian Multichannel Single Phase adalah model antrian yang terdiri dari beberapa antrian dengan satu proses pelayanan. Komponen dari model antrian Multichannel Single Phase terdiri dari tingkat kedatangan, antrian, dan tingkat pelayanan. Pola kedatangan model antrian Multichannel Single Phase berdistribusi Poisson, sementara pola pelayanannya berdistribusi Eksponensial. Sistem antrian yang digunakan adalah sistem antrian tunggal dengan beberapa server / fasilitas pelayanan dan dengan disiplin antrian First Come First Serve dimana barang yang lebih awal datang akan dilayani terlebih dahulu, maka notasi model antriannya dapat ditulis seperti berikut: (M / M / S) : (FCFS / ∞ / ∞). Berdasarkan hasil pengolahan data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan menggunakan teori antrian dengan menggunakan metode Multichannel-Single System adalah sebagai berikut: a. Probabilitas tingkat kesibukan dalam sistem (ρ) : 76,04 % b. Rata-rata pelanggan yang datang per satuan waktu (λ) : 73 barang/jam c. Rata-rata pelanggan yang dilayani per satuan waktu (μ) : 24 barang/jam d. Probabilitastidak ada pelanggan dalam sistem (P0) : 3,54 % e. Rata-rata pelanggan yang menunggu dalam sistem (Lq) : 1,672 barang = 2 barang f. Rata-rata pelanggan yang diharapkan dalam sistem (Ls) : 4,7145 barang = 5 barang g. Rata-rata waktu yang diharapkan pelanggan menuggu dalam sistem (Wq) : 0,023 jam h. Rata-rata waktu yang diharapkan pelanggan selama dalam sistem (Ws) : 0,06 Jam VI - 2 6.2 Saran Pembahasan pada laporan Kerja Praktik (KP) tentang teori antrian dalam laporan ini hanya berfokus pada satu proses yakni proses Quality Control (QC) dan dengan menggunakan metode Multichannel Single Phase. Untuk penelitian selanjutnya, penulis menyarankan untuk mengembangkan dengan model lainnya

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:11
Last Modified: 14 Jun 2022 02:11
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item View Item