ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN RANTAI PASOK PADA PRODUK OLAHAN PERMEN SUSU (CARAMEL) BARANAHAN DI HOME INDUSTRY BAROKAH (TA.16.15.46)

Frengki Siburian, Deni and Kumala Dewi, Nurlaela and Nurdiansyah, Yodi (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN RANTAI PASOK PADA PRODUK OLAHAN PERMEN SUSU (CARAMEL) BARANAHAN DI HOME INDUSTRY BAROKAH (TA.16.15.46). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
10. BAB I Permen susu (Caramel).pdf

Download (363kB)

Abstract

ABSTRAK Produksi susu nasional mencapai jumlah produksi sebesar 909.638 liter per tahun di Indonesia, dari banyaknya daerah penghasil susu di Indonesia Provinsi Jawa Barat menjadi penghasil susu sapi terbesar ke-2 setelah Jawa Timur (BPS 2019). Salah satu wilayah penghasil susu di Jawa Barat adalah Kabupaten Bandung Selatan dengan salah satu kecamatan penghasil susunya yaitu Kecamatan Pengalengan. Pengalengan juga merupakan daerah penghasil susu sapi dan olahannya. Pada saat ini Home Industry Barokah telah mampu memasarkan hasil produksi Permen Susu (Caramel) nya secara mandiri di Kota Bandung dan sekitarnya. saat ini Home Industry Barokah ingin memperluas daerah pemasaran Permen Susu (Caramel) hingga ke beberapa kota di Indonesia, seperti JABODETABEK dan beberapa kota – kota lainnya di Indonesia. Namun terdapat masalah dalam kegiatan pemasarannya yaitu sulitnya Permen Susu (Caramel) ini bersaing dengan Permen Susu (Caramel) dari berbagai tempat produksi lainnya. Sehingga dibutuhkan strategi pengembangan pemasaran pada permen susu (Caramel). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa rantai pasok Permen susu (Caramel) pada Home Industry Barokah saat ini, untuk mendeskripsikan pemasaran Permen Susu (Caramel), mengembangkan Strategi pemasaran Permen susu (Caramel). dengan menggunakan analis rantai pasok, analisis SWOT, dengan bauran pemasaran 7 (tujuh) P (product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence). terdapat perbedaan penilaian antara tanggapan dari Home Industry Barokah dengan konsumenya dalam aspek price dengan nilai 0,54 dan aspek place dengan nilai 0,53, dan berada dikategori yang kurang baik. Diketahui bahwa pada saat ini Home Industry Barokah berada pada kuadran 1 pada diagram SWOT, dimana dalam kuadran ini perusahaan masih dalam tahap pengembangan. Adapun strategi yang harus digunakan adalah strategi Strenght - Opportunity (SO) untuk menjalankan strategi kebijakannya, karena strategi tersebut mempunyai bobot nilai tertinggi yaitu sebesar 4.185838 dari nilai aspek lainnya. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, SWOT, Rantai Pasok, Strategi Kebijakan. vii STIMLOG Indonesia ABSTRACT National milk production reaches a total production of 909,638 liters per year in Indonesia, from the many dairy producing regions in Indonesia, West Java Province is the second largest cow milk producer after East Java (BPS 2019). One of the milk producing areas in West Java is South Bandung Regency with one of its milk producing districts, Pengalengan District. Canning is also an area that produces cow's milk and its processed products. At this time Barokah Home Industry has been able to market its milk candy product (Caramel) independently in the city of Bandung and its surroundings. currently the Barokah Home Industry wants to expand the marketing area of milk candy (Caramel) to several cities in Indonesia, such as JABODETABEK and several other cities in Indonesia. However, there is a problem in marketing activities, namely the difficulty of this Milk Candy (Caramel) to compete with Milk Candy (Caramel) from various other production sites. So we need a marketing development strategy on milk candy (Caramel). The purpose of this study was to determine and analyze the supply chain of milk candy (Caramel) in the Barokah Home Industry today, to describe the marketing of milk candy (Caramel), develop marketing strategies for milk candy (Caramel). by using supply chain analysts, SWOT analysis, with a marketing mix of 7 (seven) P (product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence). there is a difference in the judgment between the responses from the Barokah Home Industry and its consumers in the price aspect with a value of 0.54 and place aspect with a value of 0.53, and is in the unfavorable category. It is known that at present Barokah Home Industry is in quadrant 1 on the SWOT diagram, where in this quadrant the company is still under development. The strategy that must be used is the strategy of Strength - Opportunity (SO) to carry out its policy strategy, because the strategy has the highest weighting value of 4.185838 from the value of other aspects. Keywords: Marketing Mix, SWOT, Supply Chain, Policy Strategy.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 31 May 2022 04:18
Last Modified: 31 May 2022 04:18
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/840

Actions (login required)

View Item View Item