POTENSI PENUMPUKAN PESAN DARI KONSUMEN DI APLIKASI WHATSAPP PADA CUSTOMER SERVICE HARIAN PT INDAH LOGISTIC INTERNATIONAL EXPRESS BEKASI(KP.16.18.21.49)

Julianti Rahma, Putri and Adriant, Irayanti and Martua Sihombing, Tulus (2021) POTENSI PENUMPUKAN PESAN DARI KONSUMEN DI APLIKASI WHATSAPP PADA CUSTOMER SERVICE HARIAN PT INDAH LOGISTIC INTERNATIONAL EXPRESS BEKASI(KP.16.18.21.49). [Teaching Resource]

[img] Text
BAB Ijulian.pdf

Download (136kB)

Abstract

Putri Julianti Rahma, “Potensi Penumpukan Pesan Dari Konsumen Di Aplikasi Whatsapp Pada Customer Service Harian PT Indah Logistic International Express Bekasi.” (Dibawah bimbingan Ir. Tulus Martua Sihombing, MT.) PT Indah Logistic International Express Bekasi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha jasa angkutan barang dengan tujuan seluruh Provinsi dan Kabupaten yang ada di Indonesia, serta melayani pengiriman barang dan dokumen ke luar negeri. Jangkauan pengiriman barang melalui 6 layanan Darat, Laut, Udara, City Kurir, Kereta Api dan Trucking yang Indah Logistik siapkan serta dengan moto kami Jemput Cepat, Antar Cepat, Informasi Cepat, menjadikan para pelanggan Indah Logistik lebih mudah dalam menentukan pilihan pengiriman barang. Bagian Customer Service (CS) memiliki tugas yaitu melayani kebutuhan konsumen yang ingin melakukan pengiriman paket seperti menghitung biaya ongkos kirim, memasukkan data barang ke dalam sistem, memperbaharui barang konsumen di website, melayani keluhan konsumen terhadap paket, dan menghubungi konsumen apabila terjadi kendala. Pada bagian Customer Service (CS) khususnya Customer Service (CS) harian hanya menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai penghubung komunikasi antara konsumen dan pihak Customer Service (CS). Karena hanya menggunakan aplikasi tersebut, terkadang penumpukan pesan dari konsumen tidak terhindarkan. Banyak pesan yang tidak terjawab tepat waktu sehingga dapat menimbulkan kekecewaan konsumen terhadap pelayanan Customer Service (CS). Hasil yang dicapai yaitu penyelesaian oleh PT Indah Logistic International Express Bekasi sendiri adalah perusahaan tetap menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi dengan konsumen, sedangkan penulis menyarankan agar perusahaan membuat prosedur mengenai pesan dari konsumen dan perusahaan dapat menggunakan aplikasi lain untuk berkomunikasi dengan konsumen supaya tidak terjadi penumpukan pesan pada satu aplikasi dan konsumen akan lebih mudah menghubungi Customer Service (CS) apabila perusahaan memiliki lebih banyak akses penghubung.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:54
Last Modified: 07 Apr 2022 04:54
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item