MENGUKUR EFEKTIVITAS DAN PEMODELAN SISTEM ANTRIAN PADA PEMBAGIAN BANTUAN SOSIAL DI KANTOR POS PADANGSIDIMPUAN (TA 16.17.21.70)

Batubara, Gresia Angel and Suntoro, Suntoro and Fachrudin, Dudi Hendra (2021) MENGUKUR EFEKTIVITAS DAN PEMODELAN SISTEM ANTRIAN PADA PEMBAGIAN BANTUAN SOSIAL DI KANTOR POS PADANGSIDIMPUAN (TA 16.17.21.70). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (128kB)

Abstract

ABSTRAK Di masa pandemi COVID-19, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, dalam penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat, pemerintah xiii STIMLOG INDONESIA mempercayakan tanggung jawab ini kepada PT. Pos Indonesia. Strategi yang diterapkan oleh PT. Pos Indonesia dalam pembagian penyaluran bantuan social kepada masyarakat terpilih, yaitu dengan pembagian wilayah berdasarkan kota dan kabupaten oleh kantor pos masing-masing daerah, proses penyaluran batuan social tunai pada setiap tahapnya dilakukan dalam waktu enam hari. Dalam satu hari terdapat dua atau tiga kecamatan dan waktu penyaluran juga dibagi berdasarkan kelurahan dari pukul 08.00 WIB hingga pukl 16.00 WIB. Pada saat penyaluran bantuan di Kantor Pos Padangsidimpuan ini seringkali terlihat antrian masyarakat penerima bantuan yang sangat panjang, dalam hal ini antrian disebabkan oleh kebutuhan akan layanan melebih kapasitas pelayanan atau fasilitas layanan, sehingga pengguna fasilitas yang tiba tidak bisa segera mendapat layanan yang disebabkan kesibukan layanan. namun tidak jarang juga terlihat loket penyalur bantuan menganggur. Hal ini tentunya kurang efektif dalam penyaluran bantuan social. Dampak yang ditimbulkan oleh ketidak efektif ini adalah menurunnya kepuasan masyarakat terhadap layanan di kantor pos padangsidimpuan.Proses penyaluran bantuan social tunai ini juga berjalan kurang efisien, dikarenakan waktu penyaluran bantuan social tunai seringkali melebihi jam kerja seharusnya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Antrian pada penjadwalan yang telah dilakukan selama proses pembagian bantuan serta Analisis antrian pada perubahan jadwal pembagian batuan social tunai. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa kesalahan dalam pembuatan jadwal pembagian bantuan social tunai membuat terjadinya tidak efektifnya antrian yang terjadi. Dengan perubahan jadwal pembagian Batuan Sosial Tunai, antrian yang terjadi lebih efktif. Dengan jadwal baru, Kantor Pos Padangsidimpuan juga tidak harus menambahkan server yang dapat meningkatkan pengeluaran. Kata Kunci : Bantuan Sosial Tunai, Kantor Pos, Antrian ABSTRACT During the COVID-19 pandemic, the central government and local governments, in distributing social assistance to the community, the government entrusted this responsibility to PT. Indonesian post. The strategy implemented by PT. Pos xiv STIMLOG INDONESIA Indonesia in the distribution of social assistance distribution to selected communities, namely by dividing the area by city and district by the post office of each region, the process of distributing cash social assistance at each stage is carried out within six days. In one day there are two or three sub-districts and the distribution time is also divided by village from 08.00 WIB to 16.00 WIB. When distributing aid at the Padangsidimpuan Post Office, it is often seen that there are very long queues of recipients of assistance, in this case the queue is caused by the need for services that exceed the service capacity or service facilities, so that facility users who arrive cannot immediately get services due to busy services. but not infrequently also seen idle aid distribution counters. This is certainly less effective in distributing social assistance. The impact caused by this ineffectiveness is a decrease in community satisfaction with services at the Padangsidimpuan Post Office. The process of distributing cash social assistance is also less efficient, because the time for distributing cash social assistance often exceeds working hours. The method used in this research is Queue Analysis on scheduling that has been carried out during the aid distribution process and Queue analysis on changes to the schedule for cash distribution distribution. The results of this study indicate that errors in making the schedule for the distribution of cash social assistance make the queues ineffective. With the change in the schedule for the distribution of Cash Social Assistance, the queues that occur are more effective. With the new schedule, the Padangsidimpuan Post Office also does not have to add servers which can increase expenses. Keywords: Cash Social Assistance, Post Office, Queue

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:28
Last Modified: 30 Mar 2022 03:28
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item