PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN GARAM DENGAN PENDEKATAN METODE SWOT DAN DINAMIKA SISTEM

Fani, Muh.Maesa Arya and Adriant,, Irayanti and Dewi,, Nurlaela Kumala (2024) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN GARAM DENGAN PENDEKATAN METODE SWOT DAN DINAMIKA SISTEM. Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

[img] Text
DRAFT_MUH.MAESA ARYA FANI - MUH.MAESA ARYA FANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Total Penjualan merupakan hasil penjualan ke retailer ngaram non beryodiumdan penjualan garam non beryodium selama 24 bulan. Penjualan garam beryodium mengalami penurunan dalam beberapa tahun, sehingga ini merupakan hal yang mendorong UD.Sende Maju untuk melakukan perancangan strategi pemasaran garam beryodium dengan menggunakan analisis SWOT dan dinamika sistem untuk melihat Perilaku strategi pemasaran terhadap Perilaku sistem. Strategi yang didapatkan pada analisis SWOT berupa pemanfaatan e-commerce dan sosial media, perluasan dengan melakukan penjualan garam ke restoran yang terdapat di pulau Lombok, pengkombinasian antara strategi pertama dan kedua, dan strategi terakhir adalah pengkombinasian seluruh strategi pemasaran dan melakukan investasi mesin untuk meningkatkan jumlah persediaan garam beryodium. Strategi pemasaran yang didapatkan akan dijadikan skenario untuk dilakukan pengujian sebagai langkah alternatif untuk meningkatakan total penjualan dan total keuntungan. Hasil pengujian yang dilakukan pada sistem model didapatkan bahwa total penjualan dan total keuntungan mengalami kenaikan seiring dengan pemanfaatan e-commerce dan sosial media dan perluasan dengan melakukan penjualan garam beryodium ke restoran yang terdapat di pulau Lombok. Hasil simulasi pada skenario pertama mampu meningkatkan total penjualan sebesar 20% dan total keuntungan sebesar 12% dari model eksisting, hasil simulasi pada skenario kedua mampu meningkatkan total penjualan sebesar 69% dan total keuntungan sebesar 40% dari model eksisting, hasil simulasi pada skenario ketiga mampu meningkatkan total penjualan sebesar 88% dan total keuntungan sebesar 53% dari model eksisting, dan hasil simulasi pada skenario keempat mampu meningkatkan total penjualan sebesar 88% dan total keuntungan sebesar 23% dari model eksisting. Berdasarkan hasil simulasi, skenario ketiga yakni pengkombinasian antara strategi pertama dan kedua yang merupakan langkah altertenatif terbaik yang dapat diterapkan oleh UD.Sende Maju untuk meningkatkan total penjualan dan total keuntungan. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Skenario, Dinamika Sistem.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:18
Last Modified: 16 Aug 2024 08:19
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2494

Actions (login required)

View Item View Item