PENGARUH DWELLING TIME TERHADAP YARD OCCUPANCY RATIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER SEDERHANA DI PTP TERMINAL NONPETIKEMAS MULTIPURPOSE CABANG TANJUNG PRIOUK (5203019)

GEOVANI SINAGA, CHRISTIN AMANDA and Andriyanto, Achmad and Thorfiani, Dera (2023) PENGARUH DWELLING TIME TERHADAP YARD OCCUPANCY RATIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER SEDERHANA DI PTP TERMINAL NONPETIKEMAS MULTIPURPOSE CABANG TANJUNG PRIOUK (5203019). Diploma thesis, ULBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sinaga, Christin Amanda Geovani. 2023. Pengaruh Dwelling Time Terhadap Yard Occupancy Ratio Dengan Menggunakan Metode Regresi Linear Sederhana Pada PTP Terminal Nonpetikemas Multipurpose Cabang Tanjung Priok. Tugas akhir, Program studi Administrasi Logistik Universitas Logistik dan Bisnis International Bandung. Pembimbing: Achmad Andriyanto, ST. MT Kata kunci: Dwelling Time, Yard Occupancy Ratio, Metode Regresi Linear Sederhana, PTP Terminal Nonpetikemas Multipurpose Cabang Tanjung Priok. PTP Terminal Nonpetikemas Multipurpose cabang Tanjung Priok adalah operator terminal multipurpose yang menangani kegiatan bongkar muat kargo curah cair, curah kering, petikemas, general kargo dan lain-lain. Pada penanganan Petikemas terdapat Dwelling Time dan Yard Occupancy Ratio. Dwelling Time adalah waktu yang dihabiskan kontainer di dalam Pelabuhan sebelum dipindahkan ke tujuan akhirnya. Pada tahun 2022 Indonesia Nasional Single Window (INSW) sebagai portal pengelolaan dalam penanganan yang berkaitan dengan kegiatan ekspor, impor dan logistik target Dwelling Time pada Pelabuhan di Tanjung Priok adalah 2.75 hari. Pada data Dwelling Time PTP Terminal Nonpetikemas Multipurpose cabang Tanjung Priok adalah 3.67 hari. Pada Dwelling Time berdasarkan variabel-variabel yang relevan metode regresi linear dapat membantu dalam pemodelan dan prediksi namun, faktor-faktor lain juga perlu dipertimbangkan dalam upaya untuk mengurangi dwelling time. Dengan demikian, regresi linear dapat memberikan kontribusi dalam memahami dan memodelkan faktor-faktor yang mempengaruhi dwelling time. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data Yard Occupancy Ratio mengalami kenaikan dan penurunan. Dimana yang tertinggi berada pada bulan Juli sebesar 95.7% dan terendah pada bulan Maret sebesar 11. 4%. Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independen yakni Dwelling Time (X) dengan variabel dependen yakni Yard Occupancy Ratio (Y) dengan menggunakan analisis koefisien korelasi dengan hasil 0.710 yang artinya kuat. Analisis Koefisien Determinasi (R2 ) = 0.505 Tingkat keakuratan model yang diperoleh adalah sebesar 50.5 %. Analisis Regresi Linear sederhana dihasilkan persamaan Y = 8.802 + 6.556 X. Jika Dwelling Time (X) = 0, maka nilai Yard Occupancy Ratio (Y) = 8.802. Apabila Dwelling Time (X) mengalami kenaikan sebesar 1 hari, maka akan meningkatkan nilai Yard Occupancy Ratio (Y) sebesar 6.556%. Berdasarkan perhitungan nilai signifikansi (Sig.) < probabilitas (α), yaitu 0.000 < 0.005 dan Uji t diperoleh nilai, thitung>ttabel yaitu 5.887 > 2.228 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya hal tersebut menunjukan bahwa adanya pengaruh variabel Dwelling Time dengan Yard Occupancy Ratio di PTP Terminal Nonpetikemas Multipurpose cabang Tanjung Priok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:41
Last Modified: 20 Mar 2024 04:41
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item View Item