PENGUKURAN KINERJA PENGELOLAAN TEMPAT PELELANGAN IKAN DI DERMAGA BOM KALIANDA LAMPUNG SELATAN (TA 16.16.20.41)

Alhayu, Nedya Murti and Adriant, Irayanti and Ariffien, Afferdhy (2020) PENGUKURAN KINERJA PENGELOLAAN TEMPAT PELELANGAN IKAN DI DERMAGA BOM KALIANDA LAMPUNG SELATAN (TA 16.16.20.41). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (118kB)

Abstract

v STIMLOG indonesia ABSTRAK Keberadaan tempat pelelangan ikan memiliki peranan penting untuk melayani masyarakat dalam pemasaran hasil tangkapan di pelabuhan perikanan. Maka sebagai sektor publik, TPI Dermaga Bom kalianda harus diukur pengelolaannya untuk melihat kinerja yang diberikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur kinerja pengelolaan tempat pelelangan ikan dan memberikan usulan perbaikan. Data primer dikumpulkan dari 50 responden melalui pembagian kuesioner. Untuk mengukur kepuasan peserta pelelangan ikan menggunakan metode SERVQUAL dan di analisis menggunakan metode Importance and Performance Analysis (IPA) dan mengukur kinerja pengelolaan menggunakan TPI dari segi ekonomi dan efisiensi menggunakan metode Value for Money. Dari hasil penelitian didapatkan hasil kepuasan peserta lelang sebesar 85% dan kinerja pengelolaan tempat pelelangan dari segi aspek ekonomi dinilai sudah ekonomis dengan nilai akhir sebesar 103% dan aspek efisiensi dinilai belum efisien dengan nilai akhir sebesar 130%. Usulan yang diberikan pada penelitian ini adalah dengan meletakkan ikan lelang menggunakan keranjang, lalu menambah CCTV sebagai alat pengaman dan menambah petugas keamanan. Kata Kunci : Kinerja, Kepuasan pelanggan, Value for Money dan SERVQUAL vi STIMLOG indonesia ABSTRACT The existence of fish auction sites has an important role to serve the community in marketing their catches at fishing ports. So as a public sector, the Kalianda Bomb Pier TPI must be measured in its management to see the performance provided. This study aims to measure the performance of the management of fish auction sites and provide suggestions for improvement. Primary data were collected from 50 respondents through questionnaires. To measure the satisfaction of fish auction participants using the SERVQUAL method and analyzed using the Importance and Performance Analysis (IPA) method and measuring the management performance using TPI in terms of economy and efficiency using the Value for Money method. From the research results obtained 85% satisfaction of bidders and the performance of the auction site management in terms of economic aspects are considered economical with a final value of 103% and efficiency aspects are considered inefficient with a final value of 130%. The proposal given in this study is to put the auction fish using a basket, then add CCTV as a safety device and add security officers. Keywords: Performance, Customer Satisfaction, Value for Money and SERVQUAL

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:29
Last Modified: 07 Mar 2022 07:29
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item