ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DAN USULAN PERBAIKAN KETERLAMBATAN PEMENUHAN KONTRAK PRODUK KOMERSIAL DIVISI INFRASTRUKTUR PERHUBUNGAN DI PT PINDAD (KP 16.19.22.59)

Wulandari, Nur Anggraeni and Adriant, Arayanti (2022) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DAN USULAN PERBAIKAN KETERLAMBATAN PEMENUHAN KONTRAK PRODUK KOMERSIAL DIVISI INFRASTRUKTUR PERHUBUNGAN DI PT PINDAD (KP 16.19.22.59). [Experiment]

[img] Text
KP_16119103_NURANGGRAENIWULANNDARI - Nur Anggraeni Wulanndari.pdf

Download (6MB)

Abstract

Divisi Infrastruktur Perhubungan sebagai salah satu divisi komersial yang berada di PT Pindad menggunakan sistem kontrak perjanjian dengan pelanggannya. Kontrak mensyaratkan adanya hak dan kewajiban antar pihak yaitu, PT Pindad selaku debitur disyaratkan untuk melaksanakan prestasi (pemenuhan permintaan) kepada pelanggan selaku kreditur. Keterlambatan Pemenuhan Kontrak merupakan salah satu bentuk dari wanprestasi yang dapat mengakibatkan pengenaan penalti. Dalam jangka pendek PT Pindad akan mengalami kerugian atas penalti yang harus dibayarkan dan dalam jangka panjang PT Pindad akan mengalami penurunan citra perusahaan yang akan berdampak pada penurunan penjualan. Metode Deskriptif digunakan untuk menggambarkan situasi dan kondisi lapangan serta menguraikan usulan perbaikan. Analisis pendahuluan digunakan untuk membantu visualisasi situasi dan kondisi lapangan melalui identifikasi faktor penyebab keterlambatan pemenuhan kontrak. Analisis pendahuluan menggunakan tools analisis diantaranya enam elemen masalah, Stakeholder System, Gap Analysis, Fishbone Diagram, dan Rich Picture Diagram (RPD). Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh bahwa faktor keterlambatan pemenuhan kontrak bersumber dari beberapa aspek, yaitu aspek Man, Material, Method, Machine, and Money. Selanjutnya diajukan usulan perbaikan berupa penyelesaian proses rekrut dan pengangkatan pegawai serta memastikan pengembangan potensi dan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, meningkatkan koordinasi antar bagian, meningkatkan kedisiplinan pemasok, melakukan pemeliharaan mesin dan ketepatan penggunaan, serta mengurangi pemborosan penggunaan sumber daya perusahaan. Keyword: Kontrak, wanprestasi, enam elemen masalah, stakeholder system, gap analysis, fishbone diagram, dan Rich Picture Diagram (RPD).

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:40
Last Modified: 23 Nov 2022 03:40
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item