ANALISIS UNTUK MENGIDENTIFIKASI DAN MEMINIMASI PEMBOROSAN PADA BAGIAN OPERASI DAN ANTARAN DI KANTOR POS MAJALENGKA 45400 DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALSAT (TA 16.16.20.8)

Silfiani, Nurul and Siswanto, Budi Nur and Lestiani, Melia Eka (2020) ANALISIS UNTUK MENGIDENTIFIKASI DAN MEMINIMASI PEMBOROSAN PADA BAGIAN OPERASI DAN ANTARAN DI KANTOR POS MAJALENGKA 45400 DENGAN MENGGUNAKAN METODE VALSAT (TA 16.16.20.8). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (236kB)

Abstract

vi STIMLOG Indonesia ABSTRAK Kantor Pos Majalengka ialah Kantor Jenis Pemeriksa yang memiliki salah satu layanan bisnis utama yaitu Surat dan Paket. Dalam prosesnya pengiriman surat dan paket terdapat empat tahapan utama yang harus dilewati yaitu proses collecting, processing, transporting, dan delivery. Dari proses yang panjang pada layanan surat dan paket ini, di Kantor Pos Majalengka memiliki masalah terutama pada aktivitas di bagian Operasi dan Antaran. Permasalahannya yaitu tidak sesuai nya jadwal delivery yang telah ditentukan yang diakibatkan adanya aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah atau waste. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi waste yang ada, dan eliminasi pada waste tersebut. Dalam penelitian ini untuk untuk mengatasi masalah yang terjadi dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode waste workshop, Value Stream Analysis Tool (VALSAT), Process activity mapping (PAM), Future Process activity mapping (PAM) untuk melihat perbandingan antara kondisi eksisting dengan kondisi usulan perbaikan di bagian Operasi dan Antaran. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil yaitu adanya tiga jenis waste yang paling dominan yang terjadi di bagian Operasi dan Antaran Kantor Pos Majalengka yaitu waiting, motion & Transportation. Pada incoming dengan 19 aktivitas total waktu 93.13 menit, Non Value Adding Activities (NVA) 4 aktivitas waktunya 18.59 menit & persentasenya 19.96%. Dan outgoing dengan 19 aktivitas total waktu 40.17 menit, Non Value Adding Activities (NVA) 5 aktivitas waktunya 11.95 menit dan persentasenya 29.74%. Sehingga kesimpulannya yaitu pada proses outgoing memiliki lebih banyak waste yaitu 5 aktivitas dibandingkan dengan proses incoming. Namun setelah adanya perbaikan, proses incoming total waktunya berubah menjadi 74.54 menit untuk 15 aktivitas dengan selisih sebesar 18.59 menit. Sedangkan untuk total proses outgoing total waktunya berubah menjadi 28.22 menit untuk 14 aktivitas dengan selisih sebesar 11.95 menit. Kata Kunci: Waste Workshop, Value Stream Analysis Tool (VALSAT), Process Activity Mapping (PAM) vii STIMLOG Indonesia ABSTRACT Majalengka Post Office is an Inspection Type Office which has one of the main business services namely Mail and Packages. In the process of sending letters and packages, there are four main stages that must be passed, namely the process of collection, processing, transportation, and delivery. From the long process of mail and package services, the Majalengka Post Office has problems especially in activities in the Operations and Delivery section. The problem is that it is not according to the predetermined delivery schedule due to activities that do not have added value or waste. The purpose of this research is to identify existing waste, and to eliminate the waste. In this research to overcome the problems that occur using several methods, namely the waste workshop method, Value Stream Analysis Tool (VALSAT), Process activity mapping (PAM), Future Process activity mapping (PAM) to see the comparison between the existing conditions and the proposed conditions. improvements in the Processing section. Based on this research, it is found that there are three types of waste that are most dominant in the Operations and Delivery Section of the Majalengka Post Office, namely waiting motion & transportation. In incoming with 19 activities, the total time was 93.13 minutes, Non Value Adding Activities (NVA) 4 activities took 18.59 minutes & the percentage was 19.96%. And outgoing with 19 activities total time 40.17 minutes, Non Value Adding Activities (NVA) 5 activities time 11.95 minutes and the percentage is 29.74%. So the conclusion is that the outgoing process has more waste namely 5 activities compared to the incoming process. However, after the incoming process was improved, the total time was changed to 74.54 minutes for 15 activities with a difference of 18.59 minutes. As for the total outgoing process, the total time was changed to 28.22 minutes for 14 activities with a difference of 11.95 minutes. Keywords: Waste Workshop, Value Stream Analysis Tool (VALSAT), Process Activity Mapping (PAM) STIMLOG Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 02 Mar 2022 08:38
Last Modified: 02 Mar 2022 08:38
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item