UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN BARANG CETAK PADA KANTOR POS KOTA PADANGSIDEMPUAN LAPORAN KERJA PRAKTEK / MAAGANG (KP.16.17.20.35)

Gibranda Siregar, Fahmy and Puspitaningrum, Ita and Hendra Fachrudin, Dudi (2020) UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN BARANG CETAK PADA KANTOR POS KOTA PADANGSIDEMPUAN LAPORAN KERJA PRAKTEK / MAAGANG (KP.16.17.20.35). [Experiment]

Full text not available from this repository.

Abstract

Deskripsi KP/M Periode magang dimulai sejak tanggal 1 – 31 Juli 2020 di Kantor Pos Cabang Kota Padangsidimpuan. Pada hari pertama dilakukan perkenalan Struktur Organisasi Kantor Pos Kota Padangsidempuan oleh Ibu Eva selaku pengganti kepala bagian dukungan umum (SDM). Kantor Pos Kota Padangsidempuan memiliki beberapa sub bagian yaitu, Kepala Kantor Pos, Manajer Akuntansi dan PUPL, Manjer Dukungan Umum(SDM), .Manajer Pelayanan, Manajer Pelayanan II, Manajer Keuangan & BPM, Manajer Teknologi Informasi, Manajer Operasi I, Manajer Audit, Mutu dan K3L, dan Manajer Operasi II. Masing-masing bagian tersebut memliki tugas dan fungsinya yang berbeda-beda. Pada awal Kerja Praktek, pertama kali dikenalkan adalah pada bagian Pelayanan Pos yang merupakan proses awal kerja di Kantor Pos. Pada bagian ini sudah lumayan paham bahwa tugas dari bagian Pelayanan Pos yaitu untuk memberikan pelayanan atas semua layanan yang diberikan perusahaan kepada pengguna jasa seperti tempat pembayaran tagihan, pengiriman paket / surat, stempel dinas, pelayanan kirim uang ke dalam negeri dan luar negeri beserta rekening, dan pelayanan pembelian meterai 3000 & 6000. Pada bagian ini saya telah melakukan proses input data surat yang akan dikirim sehingga mengeluarkan manifest pengiriman. Pada saat melaksanakan Kerja Praktek, Kantor Pos mendapatkan Job sebagai media penyalur Bantuan Sosial Tunai (BST) yang merupakan program pemerintah, Kegiatan BST ini dilaksanakan selama 4 hari dari jam 08.00 – 17.00 dengan mengikuti protokol kesehatan. Semua pegawai turut dalam pelaksanaan penyaluran bantuan tersebut. Syarat untuk bisa mendapatkan bantuan BST yaitu dengan membawa KTP, foto copy kartu keluarga dan kartu anggota. Konsep pembagian bantuan tersebut yaitu dengan melakukan pembagian wilayah penerima bantuan antar kelurahan se-Kota Padangsidimpuan, kemudian akan diarahkan ke meja panitia untuk di cek syarat dan kelengkapan datanya. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Kantor Pos Padangsidimpuan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga tidak menimbulkan permasalahan atau complain dari para penerima bantuan. 34 Pada bagian Dukungan Umum atau SDM pertama diberi materi tentang tugas pokok dan fungsi di Kantor Pos Kota Padangsidimpuan. Manajer bagian SDM adalah Ibu Naomi. Setelah ditempat dibagian ini sudah mulai paham bahwa pada bagian SDM berfungsi sebagai melakukan pemantauan terhadap kinerja pegawa sesuai dengan bidangnya. Selain itu, Manajer SDM juga berhak atas peng-arsipan administrasi data kepegawaian, pengangkatan / kepangkatan, evaluasi kinerja, penilaian terhadap seluruh kegiatan usaha, menyiapkan konsep keputusan yang menjadi wewenang kepala kantor serta menyiapkan laporan kepegawaian. Kegiatan Pendistribusian barang cetak ke kantor pos cabang dilakukan setiap kali adanya permintaan dari kantor pos cabang. Namun, jika ada kepentingan yang mendesak, makan Kantor Pos Padangsidimpuan akan segera melakukan proses rekap dan pengantaran barang cetak ke kantor pos cabang. Barang cetak yang di antarkan yaitu seperti pengikat karung, kantong plastik, form penarikan dan setoran wesel, form penarikan dan setoran giro, dll. Dalam proses pemenuhan kebutuhan kantor pos cabang, bahwa ternyata perlu dilakukan analisis kebutuhan terhadap barang cetak di kantor pos cabang. Tujuannya yaitu agar dapat melakukan pemenuhan permintaan sebelum stock nya habis. Bagian jantung dari Kantor Pos yaitu berada pada bagian operasi. Karena pada bagian ini kita dapat menemukan banyak sekali kegiatan, seperti unloading dan uploading barang dll. Dalam proses ini, jumlah barang dapat dikatakan dalam jumlah besar dalam setiap harinya. Karena menurut saya masih banyak masyarakat yang menggunakan jasa expedisi dari Kantor Pos. Pada proses Unloading yaitu seperti mengeluarkan semua barang yang ada dari dalam truck Dan pada proses uploading yaitu seperti kebalikannya unluading yaitu memasukkan barang kedalam truck dan biasanya sebelum di masukkan kedalam truck barang – barang yang satu daerah tujuan akan di masukkan kedalam satu kantong yang sama agar mempermudah proses pengantaran barang.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:30
Last Modified: 14 Jul 2022 03:30
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item View Item