LAPORAN KERJA PRAKTIK / MAGANG “ ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN LOKET DI KANTOR POS TUBAN MENGGUNAKAN METODE ANTRIAN MULTI CHANNEL - SINGLE PHASE (KP.16.17.20.12)

Puspita Sari, Kartika Asri and Suntoro, Suntoro and Suntoro, Suntoro (2020) LAPORAN KERJA PRAKTIK / MAGANG “ ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN LOKET DI KANTOR POS TUBAN MENGGUNAKAN METODE ANTRIAN MULTI CHANNEL - SINGLE PHASE (KP.16.17.20.12). [Experiment]

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja sistem antrian serta menerapkan alternatif pemecahan masalah antrian yang terjadi pada loket pelayanan Kantor Pos Tuban. Penelitian dilakukann unruk menganalisa kondisi awal model antrian di Loket 1 dan 2 untuk pelayanan pelanggan dengan data yang diamnil yanitu (M/M/s) : (FCFS) dengan waktu kedatangan pelanggan yang dihitung dengan distribusi Poisson sebesar 7 pelanggan per 10 menit, dan tingkat pelayanan loket didalam sistem adalah 5 pelanggan per 10 menit. Data yang telah didapat kemudian diolah lagi menggunakan aplikasi POM QM. dan berdasarkan hasil penelitian, didapatkan alternatif terbaik dengan kecepatan waktu pelayanan dan memiliki nilai rata-rata utilitasnya dinilai efektif dari segi waktu yang untuk pelayanan yaitu 0,47 Kata Kunci :SistemAntrian, Kantor Pos, SPSS, POM QM,

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:30
Last Modified: 14 Jul 2022 02:30
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item View Item