PENGARUH DAYA BELI MASYARAKAT, HARGA, KUALITAS DAN EFEK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KINERJA RANTAI PASOK NANAS MADU DI KABUPATEN PEMALANG (TA 16.16.21.92)

Wibowo, Fikri Azhar and Arrifen, Afferdhy and Adriant, Irayanti (2020) PENGARUH DAYA BELI MASYARAKAT, HARGA, KUALITAS DAN EFEK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KINERJA RANTAI PASOK NANAS MADU DI KABUPATEN PEMALANG (TA 16.16.21.92). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi atas munculnya nanas madu khas pemalang pada daerah lainnya seperti Bandung, Jakarta, Malang dan kota lainnya. Fenomena tersebut membuat peneliti tertarik apalagi dari segi harga, kualitas ataupun rasa berbeda walaupun dari asal yang sama. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh daya beli masyarakat, kualitas dan harga terhadap rantai pasok nanas madu di Kabupaten Pemalang, (2) pengaruh efek covid-19 terhadap kinerja rantai pasok nanas madu di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dan dengan metode membagikan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seseorang yang pernah membeli nanas madu khas Kabupaten Pemalang sebanyak 1 kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode incidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) daya beli masyarakat, kualitas, harga dan efek covid-19 berpengaruh positif terhadap kinerja rantai pasok nanas madu, dengan dibuktikan hasil pengujian diperoleh nilai f hitung sebesar 8,721 dengan signifkansi sebesar 0,000 maka hipotesis dapat diterima karena f hitung lebih besar dari pada f tabel (8,721 > 2,45) atau jika signifikansi < 0,05 hal ini juga dapat diterima. Dan jika dilihat dari pengaruh masing-masing variabel hanya daya beli masyarakat dan kualitas yang positif berpengaruh secara signifikan. Hal ini dibuktikan bahwa daya beli masyrakat mempunyai nilai t hitung sebesar 2,336 (2,336 > 1,657) dengan nilai signifikansi sebesar 0,021 lebih kecil dari 0,05 (0,021<0,05) maka dapat diterima, Sedangkan untuk kategori kualitas dibuktikan bahwa nilai t hitung sebesar 5,457 (5,457 > 1,657) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) maka dapat diterima. (2) pengaruh efek covid-19 terhadap kinerja rantai pasok nanas madu tidak memiliki pengaruh sama sekali (negatif) dengan diperkuatnya jawaban responden yang sudah diolah menggunakan regresi linier berganda yang memperoleh nilai t hitung sebesar 0,073 (0,073 < 1,657) dengan nilai signifikansi sebesar 0,406 (0,406>0,05) maka dari hal tersebut jika nilai signifikansi lebih besar dari pada 0,05 maka hipotesis untuk pengaruh efek covid-19 terhadap rantai pasok nanas madu ditolak. Kata kunci : Nanas Madu, Daya Beli Masyarakat, Harga, Kualitas, Efek COVID-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:30
Last Modified: 01 Mar 2022 04:22
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item View Item