ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TERMINAL KARGO DI BANDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TUGAS AKHIR (TA.13.18.22.24)

Larasati, Della and Eka Lestiani, Melia and Kumala Dewi, Nurlaela (2022) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TERMINAL KARGO DI BANDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TUGAS AKHIR (TA.13.18.22.24). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
10_BAB I PENDAHULUAN KANISIA INEZ NAOMI 13118016.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Terminal kargo Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang merupakan perusahaan jasa pengiriman kargo yang berlokasi di Jalan Bandara Ahmad Yani, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Terminal kargo Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menyadari bahwa strategi pemasaran merupakan hal yang penting untuk mempertahankan para pelanggan. Kualitas pelayanan yang menjadi pertimbangan pelanggan untuk mengambil sebuah keputusan dalam menggunakan jasa pengiriman kargo di terminal Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara, pengamatan, dan penyebaran kuesioner melalui google form (daring) kepada pelanggan. Rumusan pada penelitian ini adalah Bagaimana tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan terminal kargo Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, atribut-atribut kualitas pelayanan apa yang perlu ditingkatkan agar memenuhi harapan pelanggan pada pengguna jasa pengiriman terminal kargo Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, bagaimana strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan jasa berdasarkan analisis Quality Functional Deployment. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di terminal kargo Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, mengetahui atribut-atribut kulitas pelayanan apa saja yang perlu ditingkatkan untuk memenuhi harapan pelanggan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, mengetahui strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan jasa berdasarkan analisis Quality Functional Deployment (QFD). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Service Quality, Importance Performance Analysis (IPA), dan Quality Function Deployment (QFD) untuk membuat perancangan pelayanan yang dilakukan oleh terminal kargo Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Berdasarkan hasil dari pengolahan data perancangan tersebut ada 5 (lima) atribut pelayanan dan 34 (tiga puluh empat) keinginan dan harapan pelanggan. Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, ServQual, Importance Performance Analysis (IPA), Quality Function Deployment (QFD).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:18
Last Modified: 01 Sep 2022 03:18
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item