Evaluasi Pemilihan Vendor Pengiriman Barang Pada Online Shop Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process(AHP) Dan Simple Additive Weighiting(SAW) (TA.13.18.22.19)

Fadilah Lubis, Riska and Syafrianita, Syafrianita and Kumala Dewi, Nurlaela (2022) Evaluasi Pemilihan Vendor Pengiriman Barang Pada Online Shop Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process(AHP) Dan Simple Additive Weighiting(SAW) (TA.13.18.22.19). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Di era digital ini, terjadi pertumbuhan pesat pada aktivitas belanja secara online. Gaya hidup masyarakat utamanya di kota-kota besar dengan rutinitas pekerjaan yang banyak menyita waktu dan tenaga menyebabkan sebagian orang lebih suka berbelanja online. Keuntungan utama dari berbelanja online adalah harga barng yang cenderung lebih murah karena pedagang dapat menekan biaya operasional serta harga dapat dikomparasikan dengan cepat oleh pembeli. Selain itu jarak tidak lagi menjadi hambatan dalam berbelanja. Para pelaku bisnis online masuk ke pasar dengan murah, mudah dan tanpa batasan geografis. Pembeli dapat dengan mudah memilih bertransaksi dengan pedagang yang berada diseluruh dunia. Salah satunya yang banyak dicari para pembeli online shop dalam bidang fashion,sehingga muncul banyak online shop yang bergerak di bidang fashion. Salah satunya di kota Medan sangat banyak pembeli online shop di bidang fashion dan berbagai macam situs belanja online. Salah satunya di Instagram sangat banyak peminatnya di kota Medan diantaranya yaitu Twomedantry, Anggi Fashion, Shofie Fashion, Azzahra Fashion dan Mayfebrianty Shop. Kelima online shop tersebut begerak di bidang fashion khususnya untuk wanita remaja dan dewasa, dan beberapa online shop tersebut sering mengalami keterlambatan sampinya barang kepada konsumen.Maka dari itu kelima online shop tersebut menggunakan beberapa vendor pengiriman barang yang ada di Indonesia khususnya di kota Medan untuk menunjang kegiatan distribusi pengiriman barang untuk menentukan kriteria yang dibutuhkan dalam pemilihan vendor atau alternatif pengiriman barang pada online shop. Untuk mengetahui pemilihan vendor terbaik peneliti melakukan perhitungan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW) untuk memilih vendor/alternatif utuk pengiriman barang pada online shop. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menentukan bobot kriteria yang diambil dari matriks perbandingan berpasangan.Kriterianya yaitu kualitas, harga, pengiriman, fleksibilitas dan respon. Sedangkan Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukan perangkingan alternatif. Maksud dari perangkingan alternatif adalah vendor pengiriman barang mana yang terbaik. Alternatif yang ditawarkan ada empat alternatif yaitu JNE, J&T, Sicepat dan PT.Pos Indonesia. Dan yang mendapatkan nilai tertinggi setelah dihitung menggunakan metode SAW adalah Sicepat dengan nilai 1, kemudian J&T dengan nilai preferensi 0,618 lalu yang mendapatkan rangking ketiga adalah JNE dengan nilai preferensi 0,316 dan yang terakhir adalah PT.Pos Indonesia yaitu dengan nilai 0,203 Kata Kunci : Pemilihan Vendor, Online Shop, Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Simple Additive Weighting (SAW)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 24 Aug 2022 07:41
Last Modified: 24 Aug 2022 07:41
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item