ALOKASI MASALAH PENUGASAN MEKANIK TERHADAP BIDANG PEKERJAAN YANG ADA DI BAGIAN MAINTENANCE PT SINARMAS LOGISTIK LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.15.18.60 )

Anshori Mato, Muhammad Farhan and Wangsaputra, Rachmawati and Widya Purnama, Anggi (2018) ALOKASI MASALAH PENUGASAN MEKANIK TERHADAP BIDANG PEKERJAAN YANG ADA DI BAGIAN MAINTENANCE PT SINARMAS LOGISTIK LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.15.18.60 ). [Experiment]

[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (299kB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 6.1 Kesimpulan Setelah melakukan pengolahan data dengan menggunakan metode penugasan Hungarian maka dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui dan menentukan keahlian mekanik maka penulis melihat dari tabel 4.11 tentang output data dapat kita simpulkan bahwa setiap mekanik mempunyai rata-rata waktu tempuh yang berbeda sesuai kompeten masing-masing dan juga menunjukkan keahlian masing-masing pekerja dengan meranking dan melihat waktu tempuh pengerjaan yang paling optimum dalam mengerjakan pekerjaan dari masing-masing armada, dapat kita lihat pada Tabel 6.1 di bawah ini : Tabel 6.1 Urutan Keahlian Mekanik berdasarkan waktu tempuh penyelesaian pekerjaan Mekanik/Jenis Mitsubishi Hino Mitsubishi Mitsubishi Hino Armada Fuso Ranger Colt Diesel SJR FJ Dase& Kautsar 1 2 4 1 1 Ijang & Dadan 2 3 2 3 4 Heri & Andri 3 1 1 2 1 Aldy & Malik 4 4 3 5 3 Rahmat & Ajo 5 5 5 4 5 a) Mekanik Rahmat & Ajo ahli dalam mengerjakan Armada Mitsubishi Colt Diesel, Mitsubishi Fuso, Hino FJ, Mitsubishi SJR dan Hino Ranger dengan masing-masing waktu 60 menit, 70 menit, 74 menit, 77 menit, dan 91 menit. b) Mekanik Dase & Kautsar ahli dalam mengerjakan Armada Mitsubishi Fuso, Hino Ranger, Hino FJ, Mitsubishi Colt Diesel dan Mitsubishi SJR dengan masing-masing waktu 50 menit, 54 menit, 57 menit, 59 menit, dan 64 menit. c) Mekanik Ijang & Dadan ahli dalam mengerjakan Armada Mitsubishi Colt Diesel, Hino Ranger, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi SJR, dan Hino FJ dengan masing-masing waktu 55 menit, 58 menit, 65 menit, 75 menit, dan 82 menit. VI-1 VI-2 d) Mekanik Aldy & Malik ahli dalam mengerjakan Armada Mitsubishi Colt Diesel, Hino Ranger, Mitsubishi Fuso, Hino FJ, dan Mitsubishi SJR dengan masing-masing waktu 56 menit, 64 menit, 70 menit, 81 menit, dan 108 menit. e) Mekanik Heri & Andri ahli dalam mengerjakan Armada Hino Ranger, Mitsubishi Colt Diesel, Hino FJ, Mitsubishi Fuso, dan Mitsubishi SJR dengan masing-masing waktu 49 menit, 52 menit, 57 menit, 68 menit dan 69 menit . 2. Untuk menentukan total waktu optimum maka dapat dilihat dari hasil pengolahan data minimum waktu tempuh pengerjaan untuk perbaikan 5 Armada (Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Colt Diesel, Mitsubishi SJR, Hino Ranger dan Hino FJ) dalam satu kali perbaikan adalah 298 menit. Waktu optimum ini berdasarkan dengan Tabel 4.11 tentang Penentuan Waktu Optimum. 3. Untuk menentukan hasil pengalokasian pengerjaan armada sesuai dengan waktu yang paling optimum adalah sebagai berikut: 1. Mekanik Dase & Kautsar mengerjakan Armada Mitsubishi Fuso dengan waktu 50 menit. 2. Mekanik Aldy & Malik mengerjakan Armada Mitsubishi Colt Diesel dengan waktu 56 menit. 3. Mekanik Rahmat & Ajo mengerjakan Armada Mitsubishi SJR dengan waktu 77 menit. 4. Mekanik Ijang & Dadan mengerjakan Armada Hino Ranger dengan waktu 58 menit. 5. Mekanik Heri & Andri mengerjakan Armada Hino FJ dengan waktu 57 menit. VI-3 6.2 Saran Saran yang penulis sampaikan untuk perusahaan adalah dapat mempetakan keahlian para mekanik untuk menyelesaikan perbaikan armada di PT Sinarmas Logistik agar perbaikan dapat terselesaikan dengan waktu yang optimum, dan juga perusahaan perlu mengetahui keahlian masing-masing mekanik dengan mencoba mengganti pasangan satu dengan pasangan mekanik yang lain agar mengetahui pasangan yang paling efektif dan efisien. Hasil dari penelitian kerja praktik ini masih banyak kekurangannya, maka dari itu penulis ingin menyarankan untuk penelitian selanjutnya dilakukan tidak hanya pada pengerjaan pekerjaan service berkala armada saja, namun dengan menambahkan masalah pada penggantian sparepart.s

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:51
Last Modified: 23 Jun 2022 03:51
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item