TINJAUAN JUMLAH TERIMA KIRIM SURAT PRIORITAS BAGIAN INCOMING MPC PT. POS INDONESIA BANDUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 ( KP.13.17.20.45 )

Zanivan Triadi, Ahmad and W. Nariendra, Pradhana and Ismanto, Ismanto (2020) TINJAUAN JUMLAH TERIMA KIRIM SURAT PRIORITAS BAGIAN INCOMING MPC PT. POS INDONESIA BANDUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 ( KP.13.17.20.45 ). [Experiment]

[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Dari hasil pengolahan dan analisis pada jumlah terima kirim pada bagian incoming menunjukkan beberapa kecendrungan yang berbeda-beda ada yang terjadi peningkatan dalam hitungan hari pada chart dan ada yang menurun bahkan setelah sebelumnya meningkat, dapat dilihat bahwa jumlah terima dan kirim pada bagian incoming tidak menentu di setiap harinya, salah satu chart bulan April 2020 menunjukkan kenaikan dan penurunan jumlah yang sering terjadi dan membentuk lembah chart dan tren naik turun dengan range yang cukup jauh walau diawal bulan mendatar di 11.226 hingga 10.000 item dan pada penghujung bulan bisa mencapai titik 21.886 item. 2. Dari hasil penggabungan jumlah pada setiap bulan dijadikan chart yang memproyeksikan bahwa jumlah terima kirim icoming atau tujuan bandung raya pada MPC Pos Indonesia 40400 mengalami penurunan sampai dengan Agustus 2020 sejumlah 218.703 item yang dimana pada januari jumlah sempat meneyentuh 487.189 item, downtrend terjadi drastis pada range bulan maret 2020 hingga mei 2020, hal ini terjadi bisa dari banyak kemungkinan melainkan dari dampak pandemic Covid-19 yang merupakan cerminan dari bertumbuhnya bisnis e-commerce yang dimana didalam perkembangan tersebut banyak pihak ekspedisi atau kurir yang ikut merasakan perkembangan, akan tetapi sesuai data yang didapatkan bahwa MPC Pos Indonesia 40400 khususnya bagian incoming sebandung raya mengalami penurunan dan bisa jadi bukan hanya diakibatkan oleh pandemic Covid-19, bisa jadi diakibatkan oleh daya beli ataupun jual yang menurun ataupun menurunnya kepercayaan konsumen terhadap Pos Indonesia 42 4.2 Saran Berdasarkan pada penulisan laporan Kerja Praktik ini ada beberapa saran yang diajukan yaitu : 1. Saran Untuk Perusahaan a MPC Bandung 40400 PT. Pos Indonesia (persero) sebaiknya untuk membawa berita mengenai penurunan ini ke agen ataupun DC sebagai pertimbangan evaluasi baik itu pelayanan waktu pengiriman dan pemerosesan pengiriman hingga sampai kepada konsumen sehingga dapat menmingkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan kepercayaan konsumen. b PT. Pos Indonesia (persero) sebaiknya melakukan pendekatan lebih ke masyarakat ataupun konsumen dan mengetahui lebih apa yang diperlukan dan yang diharapkan konsumen, mulai dari sosialisasi ataupun promosi yang ditingkatkan, dan diharapkan dapat meningkatkan daya saing di industry ekspedisi dan kurir yang sangat berkembang di masa sekarang. 2. Saran Untuk Penelitian dan Kerja Praktik a Sebaiknya peneliti melakukan penilitian lanjutan ataupun riset dengan perbandingan jumlah dari pada tahun sebelumnya sehingga bisa dilihat perkembangan dalam jangka beberapa tahun. b Saran untuk Prodi Manajemen Transportasi yaitu agar mahasiswa lebih diarahkan untuk melakukan kerja praktik dalam situasi penerapan kebiasaan baru (new normal

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:15
Last Modified: 21 Jun 2022 07:15
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item