ANALISIS KINERJA TERMINAL KEMBANG JOYO PATI ( KP.13.17.20.48 )

Kholifatu Imami, Mohammad and Wahyu Nariendra, Pradhana and Tuhu Prasetyo, Teguh (2020) ANALISIS KINERJA TERMINAL KEMBANG JOYO PATI ( KP.13.17.20.48 ). [Experiment]

[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Dari hasil pembahasan pada bab-bab sebelumnya mengenai Fasilitas, Pelayanan, dan Sumber Daya Manusia di Terminal Kembang Joyo Pati dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. 1. Terminal Kembang Joyo Pati merupakan terminal penumpang tipe C dengan kewenangan melayani kendaraan umum untuk angkutan perkotaan dan perdesaan. Namun dalam pelaksanaan di lapangan, pelayanan yang diberikan meliputi angkudes (angkutan perdesaan), AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi), dan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang mana bukan bagian dari kewajiban pelayanannya sebagai Terminal Tipe C. 2. Fasilitas di Terminal Kembang Joyo Pati sebagai terminal penumpang masih memiliki banyak fasilitas yang belum tersedia, tetapi sebagian besar fasilitas yang telah tersedia kondisinya cukup baik. Fasilitas yang belum tersedia antara lain: a. Fasilitas Utama 1) Fasiltas Pengelolaan Lingkungan Hidup 2) Fasilitas Penggunaan Teknologi 3) Media Informasi 4) Penanganan Pengemudi 5) Pelayanan Pengguna Terminal Dari Perusahaan Bus 6) Jalur Kedatangan Penumpang 7) Ruang Pembelian Tiket Bersama 8) Outlet Pembelian Tiket Secara Online 9) Pusat Informasi 10) Papan Pengumuman 11) Layanan Bagas 72 12) Ruang Penitipan Barang 13) Assembly Point 14) Jalur Evakuasi Bencana Dalam Terminal b. Fasilitas Penunjang 1) Fasilitas penyandang cacat atau ibu hamil dan Menyusui 2) Fasilitas Pelayanan Keamanan 3) Fasilitas Istirahat Awak Kendaraan 4) Fasilitas Ramp Check 5) Fasilitas Pengendapan Kendaraan 6) Fasilitas bengkel yang diperuntukan bagi operasional bus 7) Fasilitas Kesehatan 8) Fasilitas Umum Fasilitas Umum yang masih belum tersedia antara lain: - Fasilitas park and ride - Tempat istirahat awak kendaraan - Fasilitas pereduksi pencemaran udara dan kebisingan - Fasilitas pemantau kualitas udara dan gas buang - Fasilitas kebersihan, perawatan terminal, dan janitor - Fasilitas perbaikan ringan kendaraan umum - Area merokok - Fasilitas Restoran - Fasilitas Pengantar Barang - Fasilitas Telekomunikasi dan area dengan jaringan internet - Fasilitas penginapan - Fasilitas keamanan - Ruang anak – anak - Media pengaduan layanan - Fasilitas umum lainnya sesuai kebutuhan 3. Masih banyak pelayanan yang belum ada di Terminal Kembang Joyo Pati dengan menggunakan tolok ukur Terminal Tipe C. Namun, ada juga 73 pelayanan Terminal Kembang Joyo Pati yang sudah ada, apabila di ukur dengan tolok ukur sebagai terminal Tipe A. Pelayanan yang belum ada di Terminal Kembang Joyo Pati dengan tolok ukur Terminal Tipe C, antara lain. 1) Keselamatan a. Lajur Pejalan Kaki b. Jalur Evakuasi c. Fasilitas dan Petugas Kesehatan d. Pos, fasilitas dan petugas pemeriksa kelaikan kendaraan umum e. Informasi fasilitas keselamatan f. Informasi fasilitas kesehatan g. Informasi fasilitas pemeriksaan kendaraan bermotor yang mudah terlihat dengan jelas 2) Keamanan a. Pos Keamanan b. Media pengaduan gangguan keamanan c. Petugas keamanan 3) Kehandalan/Keteraturan a. Jadwal kedatangan dan keberangkatan kendaraan b. Jadwal kendaraan umum dalam trayek lanjutan dan kendaraan umum tidak dalam trayek lanjutan beserta realisasi jadwal secara tertulis 4) Kenyamanan a. Ruang tunggu dengan are bersih 100% dan tidak berbau yang berasal dari terminal. b. Toilet - Untuk pria 1 urinoir dan 1 WC penyandang disabilitas - Untuk wanita 1 wc penyandang disabilitas - area bersih 100% dan tidak berbau yang berasal dari terminal. c. Tempat istirahat awak kendaraan d. Area merokok 74 e. Hot Spot Area f. Ruang Baca 5) Kemudahan/Keterjangkauan a. Informasi Pelayanan b. Informasi Angkutan Lanjutan c. Tempat Penitipan Barang d. Fasilitas Pengisian Baterai e. Tempat Naik Turun Penumpang 6) Kesetaraan a. Ruang Ibu Menyusui. Sedangkan jika menggunakan Tolok Ukur Terminal Tipe A, pelayanan yang sudah ada di Terminal Kembang Joyo Pati antara lain: 1) Keselamatan a. Fasilitas Keselamatan Jalan b. Alat Pemadam Kebakaran 2) Keamanan a. Fasilitas Keamanan (Kamera Pengawas berupa CCTV) 3) Kehandalan/Keteraturan a. Hanya tersedia informasi trayek, dan besaran tarif. Namun tidak up to date. b. Loket Penjualan Tiket c. Kantor Penyelenggara Terminal, Ruang Kendali, dan manajemen system informasi terminal. d. Petugas Operasional Terminal 4) Kenyamanan a. Ruang Tunggu tersedia tempat duduk. b. Tersedia toilet 4 WC yang masih tercampur antara pria dan wanita c. Mushola, namun belum memadai ukurannya. d. Ruang Terbuka Hijau. Namun belum ada tempat sampah yang terpisah antara sampah basah dan kering. e. Rumah Makan 75 f. Fasilitas dan Petugas Kebersihan (Kerja sama dengan DPUTR) g. Drainase h. Lampu penerangan 5) Kemudahan/Keterjangkauan a. Letak jalur pemberangkatan kendaraan yang tetap dan teratur. b. Letak jalur kedatangan kendaraan yang tetap dan teratur. c. Tempat Parkir Kendaraan Umum dan Kendaraan Pribadi. 4. Jumlah petugas di terminal belum memadai, dimana yang seharusnya ada 12 petugas, hanya ada 5 petugas di terminal yang terbagi dalam 2 shift. Dan untuk masalah kebersihan lingkungan dibantu Oleh DPUTR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang). 4.2 Saran Dari hasil penelitian di atas, saran yang ingin saya berikat untuk Pengelola Terminal Kembang Joyo Pati, Antara lain: 1. Peningkatan Tipe Terminal menjadi Terminal Tipe A, namun disertai dengan Pemenuhan Fasilitas Terminal Penumpang yang masih kurang, disesuaikan dengan PM Perhubungan No.132 Tahun 2015. Serta meningkatkan Pelayanan di Terminal. Dimana dalam Standar Pelayanan Penyelenggaran Terminal Penumpang Angkutan Jalan, Terminal Kembang Joyo Pati sama sekali belum memberikan pelayan nomor 6, yaitu tentang Kesetaraan. Alasan saran tentang peningkatan Tipe Terminal menjadi Tipe A karena pelayanan Angkutan Umum Penumpang yang masuk ke Terminal Kembang Joyo Pati meliputi Angkudes, AKDP, dan AKAP. Serta di atas dijelaskan penetapan Terminal Kembang Joyo Pati sebagai Terminal C, titetapkan pada tahun 2016. Dalam PM Perhubungan No.132 Tahun 2015, Bagian Keempat tentang Perubahan Penetapan Terminal Penumpang, Pasal 12 ayat (2) yang isinya Perubahan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dilakukan berdasarkan evaluasi setiap 5 (lima) tahun sekali. Itu artinya di tahun 76 2021 nanti, Pengelola Terminal Kembang Joyo Pati dapat mengajukan evaluasi untuk perubahan penetapan Tipe Terminal. Namun harus diiringi dengan persiapan yang matang. 2. Penambahan jumlah petugas di lapangan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih maksimal di Terminal Kembang Joyo Pati, atau membangun kerja sama dengan instansi lain, contohnya dengan pihak Kepolisian untuk membantu dalam pelayanan kemanan sebagai petugas pengamanan. 3. Saran untuk prodi untuk lebih menyediakan informasi atau pembekalan kepada mahasiswa yang melakangsanakan Kerja Praktik di Instansi Pemerintahan. Atau membangun komunikasi dengan instansi terkait mengenai Bidang apa yang Mahasiswa tersebut bisa tempati selama melaksanakan Kerja Praktik.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:43
Last Modified: 21 Jun 2022 06:43
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item