ANALISIS PENGADAAN SPAREPART MESIN PRODUKSI PADA PT. TRISULA TEXTILE INDUSTRIES, TBK ( KP.13.16.19.5 )

AMNI, JUMRATUL and W. Nariendra, Pradhana and Kumala Dewi, Nurlaela (2019) ANALISIS PENGADAAN SPAREPART MESIN PRODUKSI PADA PT. TRISULA TEXTILE INDUSTRIES, TBK ( KP.13.16.19.5 ). [Experiment]

[img] Text
BAB I.pdf

Download (614kB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu masalah dalam proses pengadaan sparepart pada PT. Trisula Textile Industries yaitu barang yang dipesan melebihi kapasitas stock yang ada pada gudang produksi atau yang biasa disebut overload pengadaan sehingga mengakibatkan biaya yang dikeluarkan menjadi overbudget. Adapun tujuan dari penulisan kerja praktik ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya overload pengadaan sparepart mesin produksi pada PT. Trisula Textile Industries, Tbk. dan untuk mengetahui tindakan efektif yang harus dilakukan terhadap permasalahan tersebut. Untuk menjawab identifikasi masalah yang ada dalam kasus ini peneliti menggunakan pemecahan masalah menggunakan Fishbone Diagram untuk mencari akar penyebab utama masalah. Setelah menemukan penyebab utama masalah tersebut, tahap selanjutnya peneliti akan melakukan penyelesaian masalah dengan menggunakan metode rating. Metode rating diperlukan untuk mengevaluasi supplier dengan melihat dan menilai kinerja supplier melalui beberapa kriteria sebagai berikut: Quality, Delivery, dan Service. Berdasarkan pengolahan data menggunakan metode rating tersebut maka didapatkanlah kesimpulan bahwa vendor sparepart X memenuhi kriteria evaluasi. Nilai yang didapatkan pada tabel parameter yaitu sebesar 2 untuk quality, 2 untuk delivery, dan 3 untuk service, setelah itu pada bobot didapatkan 35 untuk quality, 35 untuk delivey, dan 30 untuk service. Kemudian pada kolom total yaitu hasil perkalian antara nilai dengan bobot dan didapatkanlah total keputusan nilai sebesar 230, yang berarti supplier yang mencapai angka di atas 226 dan layak dipakai sehingga dapat dilakukan transaksi. Kata Kunci: Overload, purchasing, pengadaan, supplier, fishbone diagram, quality, delivery, service.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 13 Jun 2022 07:15
Last Modified: 13 Jun 2022 07:15
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item