RISKA ASSESSMENT KEGIATAN BONGKAR MUAT PETI KEMAS DI PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) PELABUHAN BIMA ( KP.13.16.19.18 )

Muftahul Jannah, Urbanun and Wahyu Nariendra, Pradhana and Kumala Dewi, Nurlaela (2019) RISKA ASSESSMENT KEGIATAN BONGKAR MUAT PETI KEMAS DI PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) PELABUHAN BIMA ( KP.13.16.19.18 ). [Experiment]

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (293kB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Klasifikasi jenis pekerjaan pada bongkar muat peti kemas di PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Pelabuhan Bima terdapat empat jenis kegiatan yaitu kegiatan Stevedoring, Cargodoring, Lift On/Off dan Receiving/Delivery. 2. Dari tiga klasifikasi jenis pekerjaan pada bongkar muat peti kemas di PT. Pelabuhan Indonesi III ( Persero) Pelabuhan Bima total keseluruhan terdapat 71 jenis bahaya potensial yang kemungkinan terjadi pada kegiatan bongkar muat peti kemas, yaitu 34 bahaya potensial yang dapat terjadi pada saat kegiatan bongkar peti kemas dan 37 bahaya potensial yang dapat terjadi pada saat muat peti kemas. 3. Penilaian risiko pada kegiatan bongkar muat peti kemas di PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Pelabuhan Bima terdapat 7 risiko rendah, 41 risiko sedang dan 23 risiko tinggi. Untuk kegiatan bongkar peti kemas terdapat 3 risiko rendah, 19 resiko sedang dan 12 risiko tinggi. Sedangkan untuk kegiatan muat peti kemas terdapat 4 risiko rendah, 22 risiko sedang dan 11 resiko tinggi. 4.2 Saran Berikut ini adalah saran berdasarkan hasil analisi dan kesimpulan dari laporan kerja praktik: 1. Dari hasil analisis yang didapat dari bab sebelumnya adalah kesehatan dan keselamatan kerja sangat penting dalam perusahaan karena sakit dan kecelakaan kerja akan menimbulkan kerugian ekonomi (lost benefit) suatu perusahaan atau Negara, oleh karena itu kesehatan dan keselamatan kerja harus dikelola secara 52 maksimal bukan saja oleh tenaga kesehatan tetapi seluruh masyarakat, contoh kecilnya seperti mematuhi peraturan perusahaan untuk memakai alat pelindung diri (APD) bagi setiap staf/karyawan perusahaan serta visitor. 2. PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Pelabuhan Bima agar dapat lebih meningkatkan kualitas keselamatan kerja untuk staf/karyawan seperti penerapan Briefieng rutin pada awal memulainya kegiatan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi yang baik antara karyawan dengan atasan, atasan dengan bawahan dan sesama karyawan untuk menghindari kesalah pahaman dalam melakukan kerja dan pengecekan alat dapat dilakukan untuk mengurangi adanya kejadian yang tidak diinginkan, apabila ada alat yang tidak sesuai seharusnya dilakukan pergantian alat sebelum melakukan bongkar muat kontainer, dalam briefing awal juga menegaskan kepada para pekerja supaya lebih waspada kepada lingkunga kerja. Selain dilakukan Briefing perusahaan harus melakukan pelatihan wajib untuk para staf/karyawan perusahaan, sebab dengan dilakukan pelatihan dapat memberikan efek yang baik kepada staf/karyawan seperti meningkatkan kualitas kerjanya, serta pihak perusahaan harus tegas memberikan sanksi/hukum bagi karyawan yang melanggar peraturan kerja, guna untuk meningkatkan kesadaran karyawan pentingnya menjaga keselamatan kerja. Hal yang perlu diperbaiki PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Pelabuhan Bima untuk peserta Kerja Praktik, mungkin dengan memberikan/menerangkan materi-materi yang berhubungan dengan materi seputar penelitian peserta Kerja Praktik dan menerangkan secara spesifik pekerjaan yang di kerjakan peserta Kerja Praktik, dan menyusun kegiatan yang dilakuka peserta kerja praktik lebih terencana. 3. Pihak Prodi Transportasi mengutuskan Tim Dosen melakukan pengajaran tentang bagaimana konsep, dan gambaran Kuliah 53 Kerja Praktik setiap minggunya, agar mahasiswa jurusan Manajemen Transportasi yang melakukan kegiatan kerja praktik dapat gambaran lebih tentang kegiatan kerja praktik nantinya. 4. Dan semoga dalam penelitian selanjutnya yang mengangkat tema yang sama peneliti lebih mendalam dan mengembangkan tentang metodologi serta memberi penanganan terhadap masalah yang terjadi

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:15
Last Modified: 13 Jun 2022 06:15
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item