PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN TERMINAL KARGO BANDAR UDARA ADISUCIPTO DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) ( KP.13.16.19.1 )

Pastaviarum, Kresna and Wahyu Nariendra, Pradhana and Wahyu Nariendra, Pradhana (2019) PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN TERMINAL KARGO BANDAR UDARA ADISUCIPTO DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) ( KP.13.16.19.1 ). [Experiment]

[img] Text
BAB I KP.pdf

Download (294kB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) yang kemudian dianalisa sesuai dengan metode yang telah ditentukan. Berikut ini merupakan hasil yang telah dicapai pada penelitian yang dilakukan sesuai dengan tujuan penelitian yaitu: 1. Tingkat kesesuaian memberikan hasil perhitungan bahwa terdapat 16 artibut kualitas pelayanan terminal kargo yang memerlukan perbaikan dan 4 atribut lainnya dapat dipertahankan. 2. Pemetaan dengan diagram Importance Performance Analysis (IPA) menempatkan 4 atribut ke dalam kuadran prioritas utama antara lain: Atribut 1 (Pelaksanaan Penyimpanan kargo dengan tepat dan benar); Atribut 2 (Penyampaian dokumen/catatan kargo tanpa kesalahan); Atribut 17 (Kapasitas terminal kargo untuk menampung kargo yang memadai) ; dan atribut 19 (Penampilan karyawan yang rapi dan professional) 4.2 Saran Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan pelayanan ada sebagai berikut: 1. Saran untuk Perusahaan PT Angkasa Pura Logistik cabang Jogjakarta dapat memfokuskan pada atribut layanan yang diprioritaskan konsumen atau memperbaiki atribut-attribut yang masuk dalam kuadran A (Prioritas Utama). 2. Saran untuk Pembaca Pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan dengan menggunakan metode dalam meningkatkan kualitas pelayanan lainnya seperti menggunakan 38 QFD berupa House of Quality (HOQ) dari konsep ServQual dan Kano, serta analisis SWOT. 3. Saran Untuk Perusahaan Terhadap Kerja Praktik PT Angkasa Pura Logistik Cabang Jogjakarta dalam penerimaan anak magang seharusnya memberikan konfirmasi atau kepastian kepada pihak kampus kalau anak magang tersebut diterima. 4. Saran Untuk Jurusan dan Mahasiswa Pihak jurusan hendaknya memperluas dan melakukan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang ada kaitannya dengan transportasi logistik, sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang dipelajari selama di perkuliahan.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 13 Jun 2022 05:57
Last Modified: 13 Jun 2022 05:57
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item