ANALISIS PENYEBAB DAN SOLUSI DOKUMEN ERROR HOUSE AIRWAY BILL (HAWB) EKSPOR DI PT PUNINAR MSE INDONESIA (KP.13.15.18.46)

Desidera, Iris and Widya Purnama, Anggi and Cuknola Mahulae Nainggolan, Benny (2018) ANALISIS PENYEBAB DAN SOLUSI DOKUMEN ERROR HOUSE AIRWAY BILL (HAWB) EKSPOR DI PT PUNINAR MSE INDONESIA (KP.13.15.18.46). [Experiment]

[img] Text
lapporan kp rapih pisan BAB I.pdf

Download (276kB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 6.1 Kesimpulan Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menggunakan diagram fishbone untuk menjawab rumusan masalah pertama, maka kesimpulannya adalah: 1. Penyebab dari mengenai salah rate, salah freight term dan salah address dokumen HAWB adalah dana untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan terpakai untuk kebutuhan operasional perusahaan yang lain, Outbound Operation Staff terbiasa menginput service due carrier berdasarkan record dimasa lampau, dan tidak menyadari pentingnya panduan, Sebagian Custom Brokerage terlalu sering lembur, Custom Brokerage terbiasa tidak mengecek HAWB dimasa lampau juga tidak menyadari pentingnya panduan, kurang adanya sosialisasi dan himbauan mengenai dampak kesalahan rate, Outbond Operation Staff malas untuk menutup aplikasi yang tidak perlu, server server hanya satu, dan Outbond Operation Staff lupa untuk memberitahu perubahan agar tim IT mengupdatenya 2. Solusi penyelesaian masalah adalah dengan menyiapkan panduan service due carrier, mengatur pengecekan HAWB setiap kali dibuat dengan menyiapkan form pengecekan untuk melakukan double check dokumen final oleh Custom Brokerage, sosialisasi dan koordinasi dengan team Outbond Operation Staff dan Outbond Custom Brokerage mengenai instruksi rate pada job sheet dan dampak kesalahan rate, mengalokasikan dana khusus untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai doc shipment, membuat jadwal lembur yang seimbang antar individu Outbound Custom Brokerage dan melakukan pengawasan, mengadakan pelatihan mengenai Incoterm terbaru secara rutin bagi Outbond Operation Staff, Memberikan himbauan pada Outbond Operation Staff, agar lebih teliti tidak terburu-buru dan melakukan pengawasan, memberikan himbauan pada Outbond Operation Staff agar menutup aplikasi ketika tidak dibutuhkan, menambah server, memberikan himbauan pada Outbond Operation Staff agar meghapus file-file yang sudah tidak diperlukan, VI-1 terakhir memberitahu perubahan data address pada tim IT agar tim IT mengupdatenya. 6.2 Saran Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan di PT Puninar MSE Indonesia setelah kesimpulan dibuat , terdapat beberapa saran yang dapat diajukan. 1. Kedepannya peneliti lain dapat meneliti dengan metode selain menggunakan diagram pareto dan fishbone untuk mencari penyebab dan solusi masalah. Seperti dengan metode 5 Whys dan Root Cause Analysis 2. Pihak perusahan yaitu PT Puninar MSE Indonesia agar melakukan perbaikan terhadap dokumen error HAWB.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:11
Last Modified: 09 Jun 2022 07:11
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item