OPTIMASI DISTRIBUSI SAYURAN SEGAR DENGAN PENDEKTAN LEAN DISTRIBUTION PADA PT. BIMANDIRI AGRO SEDAYA

BR Sinuhanji, Yolanda and Ariffien, Afferdhy and Adriant, Irayanti (2019) OPTIMASI DISTRIBUSI SAYURAN SEGAR DENGAN PENDEKTAN LEAN DISTRIBUTION PADA PT. BIMANDIRI AGRO SEDAYA. Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
k. BAB I.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PT. Bimandiri Agro Sedaya adalah salah satu perusahaan distributor sayuran. Dalam pengiriman sayuran ke customer (supermarket) PT. Bimandiri Agro Sedaya dituntut untuk tepat waktu. Akan tetapi, seringkali target pengiriman tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sehingga menyebabkan keterlambatan pengiriman. Keterlambatan pengiriman, kesalahan spesifikasi, kesalahan pengiriman dan hal lainnya akan menyebabkan sayuran ditolak oleh customer. Ketidaktepatan waktu pengiriman disebabkan karena ada aktivitas dalam distribusi yang tidak memberikan nilai tambah (waste). Berdasarkan current state value stream mapping total processing time yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas distribusi adalah 61.246 detik. Pemborosan yang terjadi pada proses distribusi adalah waiting, processing, unnecessary motion dan correction of mistake. Keempat kategori waste tersebut akan dicari akar penyebabnya dengan menggunakan metode 5-whys. Perbaikan yang dilakukan adalah dengan analisis penerapan 5S dan merubah rute pengiriman. Dengan pemangkasan proses yang tidak perlu pada saat melakukan pengiriman dan merubah rute pengiriman maka penghematan waktu yang diperoleh adalah 4.874 detik (1,35 jam) dan menghemat jarak tempuh sebesar 10.95 km. Berdasarkan future state value stream mapping total processing time yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas distribusi adalah 48.141 detik Perbedaan waktu antara current state value stream mapping dengan future state value stream mapping adalah 13.105 detik (3,64 jam) atau 21,40%. Kata Kunci: Distribusi, Value Stream Mapping, Waste, 5- why, 5S. ABSTRACT PT. Bimandiri Agro Sedaya is one of vegetable distributor in Bandung, Indonesia. In vegetable delivery to customer, PT. Bimandiri Agro Sedaya required to be on time. However, often the target of the delivery is not in accordance with a predetermined time, causing delays in delivery. Delays in delivery, specification errors, shipping error and other terms will cause the vegetable rejected by the customer. Inaccuracy of delivery time caused by some non value added activity in delivery process. Based on the current state value stream mapping, total processing time required to perform in distribution activity is 61.246 seconds. Wastes that occur in the distribution process are waiting, processing, unnecessary motion and correction of mistake. 5-whys method was used to determine the cause of waste. Improvement was done by 5S analysis and proposed new delivery route to the delivery process. By implementing the improvement, the delivery time decrease to 4.874 seconds and the delivery distance decrease to 10.95 km. Based on propose value stream mapping, the new total processing time is 48.141 seconds. The improvements make the delivery process more efficient up to 21,40%. Keywords: Distribution, Value Stream Mapping, Waste, 5-whys Method, S5 Method.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 31 May 2022 04:36
Last Modified: 31 May 2022 04:36
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item