ANALISIS RUTE DAN ARMADA DALAM MENUNJANG ANGKUTAN LAST MILE PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) DISTRIBUTION CENTER CIPEDES (TA 13.16.20.19)

Lumbangaol, Chrisye L and Nariendra, Pradhana W. and Purnama, Anggi W. (2020) ANALISIS RUTE DAN ARMADA DALAM MENUNJANG ANGKUTAN LAST MILE PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) DISTRIBUTION CENTER CIPEDES (TA 13.16.20.19). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (659kB)

Abstract

ABSTRAK PT. Pos Indonesia (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa logistik khususnya dipengiriman pos yang wilayahnya nasional maupun international dengan tujuan berorientasi laba. PT. Pos Indonesia (Persero) mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengiriman barang ataupun surat-menyurat melalui jasa pengiriman. Namun pada kenyataannya PT. Pos Indonesia (Persero) kalah bersaing dengan jasa ekspedisi lain seperti JNE dan lain sebagainya. PT. Pos Indonesia (Persero) sedang mengalami kerugian berdasarkan neraca pembukuan keuangan. Salah satu penyebab tidak tercapainya target perusahaan adalah pendapatan menurun, sementara biaya fixed cost tetap. Maka dari itu, penulis hendak memberikan pandangannya mengenai hubungan kerja sama yang dapat timbul dari adanya layanan yang serupa dengan badan yang berbeda. Penulis menyarankan adanya hubungan jalin kerjasama antar pihak PT. Pos Indonesia (Persero) dan angkutan online. Melalui pendekatan metode saving matrik, costing dan pricing, maka dapat diketahui rute dan biaya yang harus dikeluarkan apabila menggunakan kendaraan sendiri dan angkutan online dalam pengiriman permintaan dari PT. Pos Indonesia (Persero) ke konsumen. Hasil penelitian diperoleh 18 rute untuk antaran pagi dan untuk antaran siang diperoleh 6 rute. Menggunakan metode saving matrik dapat menghemat total jarak tempuh sebesar 2.280,2 Km untuk antaran pagi dan 4.716,4 Km untuk antaran siang setiap bulannya. Biaya yang dikeluarkan menggunakan kendaraan sendiri kondisi saat ini (eksisting) yaitu sebesar Rp162.182.888,4 dan rute usulan yaitu sebesar Rp129.228.426,6. Sedangkan menggunakan angkutan online kondisi saat ini (eksisting) yaitu untuk Grab sebesar Rp33.904.000 dan untuk Gojek sebesar Rp25.558.904 dan rute usulan untuk Grab sebesar Rp17.072.235 dan untuk Go-Jek sebesar Rp17.590.506. Kata Kunci : Saving Matrik, Nearest Neighbour, Rute Optimal, Angkutan Online viii STIMLOG Indonesia ABSTRACT PT. Pos Indonesia (Persero) is one of the company owned by Badan Usaha Milik Negara (BUMN) engaged in logistics services, especially postal delivery in the national and international postal areas with profit-oriented purposes. PT. Pos Indonesia (Persero) has a very important role in the delivery of goods or correspondence through shipping services. But in reality, PT. Pos Indonesia (Persero) is unable to compete with other expedition services such as JNE and others. PT. Pos Indonesia (Persero) is experiencing losses based on the financial accounting balance. One of the causes of not achieving the company's target is decreased revenue, while fixed costs is stagnant. Therefore, I would like to give my views on cooperative relationships that can arise from the existence of similar services with different bodies. I suggest a cooperative relationship between PT. Pos Indonesia (Persero) and online transportation. Using Saving Matrix method, costing and pricing, it can be seen the routes and costs that must be incurred when using PT. Pos's vehicle and online transportation in sending goods from PT. Pos Indonesia (Persero) to consumers. The results obtained 18 routes for morning deliveries and for lunch deliveries 6 routes. Using the Saving Matrix method, PT. Pos could save a total mileage of 2,280.2 Km for morning deliveries and 4,716.4 Km for daytime deliveries each month. Costs incurred using the vehicle's own current condition (existing) amounted to Rp162,182,888.4 and the proposed route is Rp129,228,426.6. Whereas using online transportation the current condition (existing) is for Grab Rp.33,904,000 and for Gojek Rp25,558,904 and the proposed route for Grab is Rp17,072,235 and for Go-Jek Rp17,590,506. Keywords : Saving Matrix, Nearest Neighbour, Optimal Route, Online Transportation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:52
Last Modified: 23 Feb 2022 03:52
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item