ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PENGADAAN ARMADA PENGIRIMAN PT BANGUN PUTRA KARAWANG (TA 13.17.21.50)

Burhanudzaky, Syahrul Rizky and Nariendra, Pradhana W. and Pakpahan, Hartati M. (2021) ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PENGADAAN ARMADA PENGIRIMAN PT BANGUN PUTRA KARAWANG (TA 13.17.21.50). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pendistribusian suatu produk dari titik produksi dan gudang menuju ke titik pengecer diperlukan adanya kegiatan pengangkutan, dalam penyelenggaraan kegiatan angkutan tersebut harus dipastikan bahwa kegiatan pengangkutan dapat beroperasi dengan efektif serta efisien, pengangkutan yang efektif dapat menunjang ketepatan waktu pendistribusian sedangkan efisien menunjang harga atau nilai produk tersebut. PT Nippon Indosari Corpindo (PT NIC) merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang produksi makanan berjenis roti, untuk mendistribusikan produknya PT NIC menunjuk PT Bangun Putra Karawang (PT BPK) untuk mengangkut dan mendistribusikan produk kepada pengecer, terdapat beberapa ketentuan yang harus di ikuti oleh PT BPK agar bisa menyelenggarakan pengangkutan tersebut, salah satunya usia kendaraan tidak boleh melebihi 5 tahun. Saat ini armada yang digunakan PT BPK berjenis Mitsubishi FE71 dengan tahun pembuatan 2017, untuk dapat mengangkut proyek 2022-2026 perusahaan memerlukan kendaraan yang lebih muda dan baru. Berdasarkan penghitungan yang telah dilakukan kendaraan yang sesuai dengan kapasitas proyeksi tertinggi dan penghitungan melalui composite performance index, didapatkan kendaraan terpilih Isuzu NLR71T, biaya yang perlu dikeluarkan dalam operasional menggunakan Isuzu NLR71T sebesar Rp. 10.577.728.788,40 dalam jangka waktu 6 tahun jika pengadaan dilakukan dengan cara pembelian, namun jika kendaraan didapatkan dengan sewa besaran biayanya adalah Rp. 12.037.066.465,04. Berdasarkan kelayakan investasinya, penyelenggaraan pengangkutan produk dengan pembelian kendaraan baru dapat dikatakan lebih layak karena nilai Net Present Value dan Revenue Cost Ratio nya berada pada parameter lebih baik diandingkan sewa, serta persentase Internal Rate of Return berada di atas Minimum attractive rate of return yang ditentukan sebesar 14,37%. Kata kunci : Pemilihan Moda, Biaya Operasional Kendaraan, Profit, Kelayakan Investasi, Proyeksi. STIMLOG Indonesia vii ABSTRACT The distribution of a product from the point of production and warehouse to the point of retailer requires transportation activities, in the organization of these transportation activities it must be ensured that transportation activities can operate effectively and efficiently, effective transportation can support the timeliness of distribution while efficiency supports the price or value of the product. PT Nippon Indosari Corpindo (PT NIC) is a company engaged in the production of bread-type food, to distribute its products PT NIC instructs PT Bangun Putra Karawang (PT BPK) to transport and distribute products to retailers, there are several provisions that must be followed by PT BPK in order to carry out the transportation, one of which is the age of the vehicle. may exceed 5 years. Currently, the fleet used by PT BPK is a Mitsubishi FE71 with the year of manufacture 2017, to be able to transport the 2022-2026 project, the company requires a younger and newer vehicle. Based on the calculations that have been carried out by the vehicle that is in accordance with the highest projected capacity and calculations through the composite performance index, the selected vehicle Isuzu NLR71T is obtained, the costs that need to be incurred in operating using the Isuzu NLR71T are Rp. 10,577,728,788.40 within a period of 6 years if the procurement is done by way of purchase, but if the vehicle is obtained by rental the amount of the fee is Rp. 12,037,066,465.04. Based on the feasibility of the investment, the implementation of product transportation with the purchase of a new vehicle can be said to be more feasible because the Net Present Value and Revenue Cost Ratio values are in better feasibility than renting parameters and the percentage of Internal Rate of Return is above the Minimum attractive rate of return which is set at 14,37%. Keywords: Mode Selection, Vehicle Operational Cost, Profit, Investment Feasibility, Projection.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:35
Last Modified: 22 Feb 2022 06:35
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item