ANALISIS KEBIJAKAN PERAWATAN ARMADA BUS SURYA KENCANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (TA 13.17.21.48)

Aji, Sidiq Prastya and Syafrianita, Syafrianita and Purnama, Anggi Widya (2021) ANALISIS KEBIJAKAN PERAWATAN ARMADA BUS SURYA KENCANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (TA 13.17.21.48). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)

Abstract

ABSTRAK Transportasi saat ini sudah berkembang dengan pesat dan sudah menjadi bagian penting dalam peradaban manusia modern. Hampir seluruh kota di Indonesia terdapat perusahaan yang menawarkan jasa transportasi, salah satunya adalah PO. Surya Kencana yang terletak di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. PO. Surya Kencana merupakan perusahaan otobus yang melayani perjalanan dengan rute Kota Bima menuju Kota Mataram dan sebaliknya. Agar setiap moda transportasi tetap dapat beroperasi dengan normal, perusahaan perlu menjaga kondisi armada yang ada dengan melakukan perawatan (maintenance) dan mengidentifikasi kegagalan yang terjadi dalam sistem moda secara berkala. Permasalahan yang terjadi pada PO. Surya Kencana yaitu perawatan bus yang tidak terjadwal. Perawatan dilakukan hanya berdasarkan jarak tempuh saja dan menunggu terjadinya sistem yang kegagalan terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetaui penyebab kegagalan sistem moda transportasi, mengidentifikasi Mean Time To Repair, mengetahui Mean Time To Failure perawatan sistem, dan menetukan interval untuk perawatan sistem. Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah adalah Fault Tree Analysis (FTA) untuk mengidentifikasi faktor penyebab penekanan rem kurang baik dalam mengurangi kecepatan, faktor penyebab sistem suspense udara yang bocor, dan faktor penyebab sistem kemudi yang berat Berdasarkan hasil dari Fault Tree Analysis, selanjutnya menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk mengidentifikasi proses yang paling dominan menghasilkan kegagalan-kegagalan proses perawatan bus. Informasi yang didapatkan dari hasil identifikasi Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) akan menjadi acuan untuk Reliability Centered Maintenance (RCM) dalam menentukan kebutuhan maintenance. Hasil dari penelitian ini adalah ada tiga sistem kritis yang paling sering rusak, yaitu sistem rem, sistem suspensi udara, dan sistem kemudi, dimana ketiga sistem tersebut memiliki kegagalannya masing - masing. Hasil perhitungan Mean Time to Repair sistem rem adalah 1,3 jam, sistem suspensi udara 3,8 jam, dan sistem kemudi 3,1 jam. Untuk hasil perhitungan Mean Time to Failure sistem rem 659,09 jam, untuk sistem suspensi udara 1070,75 jam, dan untuk sistem kemudi 1206,25 jam. Hasil perhitungan interval perawatan sistem rem 474,56 jam dan sistem kemudi 870,31 jam, kedua sistem tersebut berada di bawah waktu Mean Time to Failure yang artinya perawatan akan dilakukan lebih cepat untuk meminimalisir kerusakan, sedangkan interval waktu perawatan untuk sistem suspensi udara yaitu 1099,07, dimana interval sistem suspensi udara di atas Mean Time to Failure yang artinya sistem suspensi udara akan diperbaiki setelah sistem lainnya selesai untuk diperbaiki. Kata kunci : Perawatan, Bus, Mean Time To Repair, Mean Time To Failure, Failure Mode and Effect Analysis, Reliability Centered Mamintenance ABSTRACT Transportation is currently growing rapidly and has become an important part of modern human civilization. Almost all cities in Indonesia have companies that offer transportation services, one of which is PO. Surya Kencana is located in Bima City, West Nusa Tenggara. PO. Surya Kencana is a bus company that serves trips on the Bima City route to Mataram City and vice versa. In order for each mode of transportation to continue to operate normally, the company needs to maintain the condition of the existing fleet by performing maintenance and identifying failures that occur in the mode system on a regular basis. Problems that occur in PO. Surya Kencana is an unscheduled bus maintenance. Maintenance is carried out only based on distance traveled and waiting for a system failure to occur first. The purpose of this study was to determine the cause of the failure of the transportation mode system, identify the Mean Time To Repair, determine the Mean Time To Failure of system maintenance, and determine the interval for system maintenance. The method used in solving the problem is Fault Tree Analysis (FTA) to identify the factors causing the brake pressure is not good in reducing speed, the factors causing the air suspension system to leak, and the factors causing the heavy steering system Based on the results of the Fault Tree Analysis, then using the method Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) to identify the most dominant process that produces bus maintenance process failures. The information obtained from the identification of Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) will be a reference for Reliability Centered Maintenance (RCM) in determining maintenance needs. The result of this research is that there are three critical systems that are most often damaged, namely the brake system, air suspension system, and steering system, where the three systems have their respective failures. The calculation result of Mean Time to Repair brake system is 1.3 hours, air suspension system 3.8 hours, and steering system 3.1 hours. For the calculation results Mean Time to Failure for the brake system is 659.09 hours, for the air suspension system is 1070.75 hours, and for the steering system is 1206.25 hours. The results of the calculation of the brake system maintenance interval of 474.56 hours and the steering system of 870.31 hours, both systems are under the Mean Time to Failure time, which means that maintenance will be carried out faster to minimize damage, while the maintenance time interval for the air suspension system is 1099 .07, where the interval of the air suspension system is above the Mean Time to Failure, which means that the air suspension system will be repaired after other systems are completed for repair. Keyword : Maintenance, Bus, Mean Time To Repair, Mean Time To Failure, Failure Mode and Effect Analysis, Reliability Centered amintenance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:14
Last Modified: 22 Feb 2022 06:14
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item