Evaluasi Tingkat Penggunaan Dermaga Muarajati I Pada Pelabuhan Cirebon Berdasarkan Berth Occupancy Ratio (TA 13.14.18.18)

Artanto, Dhanu Dwi and Syafrianita, Syafrianita and Pakpahan, Hartati M. (2019) Evaluasi Tingkat Penggunaan Dermaga Muarajati I Pada Pelabuhan Cirebon Berdasarkan Berth Occupancy Ratio (TA 13.14.18.18). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (226kB)

Abstract

vii STIMLOG Indonesia ABSTRAK Dhanu Dwi Artanto., Evaluasi Tingkat Penggunaan Dermaga Muarajati I Pada Pelabuhan Cirebon Berdasarkan Berth Occupancy Ratio, Bandung, Manajemen Transportasi., 2018. Transportasi laut merupakan salah satu bagian dari sistem transportasi nasional yang merupakan simpul atau node dimana pergerakan barang dan atau penumpang dengan menggunakan moda laut akan dimulai, diakhiri atau transit. Saat ini, aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Cirebon cukup tinggi seiring meningkatnya kebutuhan yang ada khususnya pada Dermaga Muarajati I. Dengan tingginya aktivitas tersebut menyebabkan antrean bongkar muat, sehingga membuat lama waktu tambat kapal pada Dermaga Muarajati I. Dengan melihat kondisi tersebut perlu dilakukan analisis untuk melihat apakah tingkat penggunaan dermaga pada Muarajati I di tahun yang akan datang masih memenuhi standar. Untuk menentukan hal tersebut didasarkan pada waktu pelayanan maksimal serta ukuran dermaga dan ukuran kapal yang datang. Data yang diperoleh adalah data selama tahun 2013-2017 yang dikumpulkan dari Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cirebon. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai BOR tahun 2013-2017, yaitu 2013 BOR 29,22%, 2014 BOR 26,60%, 2015 BOR 23,35%, 2016 BOR 25,63% dan 2017 BOR 35,75%. Dengan situasi yang terjadi saat ini maka dapat diprediksi bahwa pada tahun 2038 akan terjadi kepadatan di dermaga Muarajati I dengan nilai BOR 55,92% yang artinya melebihi batas rekomendasi dari UNCTAD 1978. Terdapat beberapa skenario yang bertujuan menekan kepadatan di tahun yang akan datang. Model skenario A adalah penambahan panjang dermaga dari 275m menjadi 400m dapat mengurangi kepadatan dengan nilai 38,37% pada tahun 2038. Model skenario B adalah menerapkan waktu tambat maksimal untuk satu kapal yaitu 4 etmal atau 4 hari dapat mengurangi kepadatan dengan nilai 23,34% ditahun 2038. Kata Kunci : Dermaga Muarajati I, Kunjungan Kapal, Berth Occupancy Ratio viii STIMLOG Indonesia ABSTRACT Dhanu Dwi Artanto., Evaluation The Level Of Use Of Muarajati I Pier In Cirebon Port Based Berth Occupancy Ratio, Bandung, Transportation Management., 2018. Sea transportation is one part of the national transportation system which is a node where the movement of goods and or passengers using the sea mode will begin, end or transit. At present, the loading and unloading activities at the Cirebon Port are quite high in line with the increasing demand, especially at the Muarajati I Pier. With this high activity, there is a queue of loading and unloading, which makes the mooring time at the Muarajati I Pier. By looking at these conditions, an analysis is needed to see whether the level of use of the dock in Muarajati I in the coming year still meets the standards. To determine this is based on the maximum service time and the size of the dock and the size of the ship coming. The data obtained are data from 2013-2017 collected from the Class II Cirebon Port Authority and Port Authority (KSOP). From the results of data analysis, obtained BOR values for 2013-2017, namely 2013 BOR 29.22%, 2014 BOR 26.60%, 2015 BOR 23.35%, 2016 BOR 25.63% and 2017 BOR 35.75%. With the current situation, it can be predicted that in 2038 there will be a density at the Muarajati I pier with a BOR value of 55.92%, which means it exceeds the limit of recommendations from UNCTAD 1978. The application of the scenario model analysis aims to reduce the density in the coming year. Scenario A model is the addition of a pier length from 275m to 400m can reduce density with a value of 38.37% in 2038. Scenario B model is to apply a maximum mooring time for one vessel, namely 4 etmal or 4 days can reduce density with a value of 23.34% in 2038. Keywords: Muarajati I Pier, Ship Call, Berth Occupancy Ratio

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:36
Last Modified: 12 Apr 2022 03:36
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item