Analisis Penyebab Redress Pengiriman Barang Ekspor Di PT. Samudera Lautan Abadi (KP 13.16.19.36)

Sutrisno, Riska and Nariendra, Pradhana W. and Purnama, Anggi Widya (2019) Analisis Penyebab Redress Pengiriman Barang Ekspor Di PT. Samudera Lautan Abadi (KP 13.16.19.36). [Teaching Resource]

[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)

Abstract

4.1 Kesimpulan Setelah melakukan pengumpulan dan pengolahan data pada bab sebelumnya. Peneliti melakukan penelitian dan kerja praktik pada instasi PT. Samudera Lautan Abadi yang bertujuan untuk menyusun laporan kerja praktik sehingga mendapatkan simpulan untuk menjawab tujuan penelitian dalam laporan ini. Berikut ini merupakan hasil simpulan setelah dilakukannya pengumpulan dan pengolahan data, yaitu: 1. Alur proses pada pengiriman barang dalam pembuatan dokumen meliputi pihak agen memberikan informasi ke fowading, kemudain pihak fowarding memberikan jadwal scedule dan meminta dokumen SI, pihak fowading mengirimkan SI ke pihak pelayaran atau shipping, setelah itu mendapatkan draf DO dari shipping ke pihak forwading untuk diserahkan kepihak Agent, Shipper dan EMKL. Setelah itu pihak EMKL baru bisa mengecek mobil untuk me-trucking barang. Kemudian setelah semua berjalan dibutuhkanya Dokumen Draft BL yang berpengaruh ke pihak pelayaran untuk membrangkatkan barang yang sudah terdapat di kapal. 2. Faktor-faktor yang menjadi penghambat pada kesalahan dokumen antara lain disebabkan oleh 5 faktor yaitu: dari segi sumber daya manusia (man) ada tiga akar masalah seperti: Kurangnya komunikasi antar karyawan yang disebabkan oleh pekerjaan yang menumpuk dan jumlah karyawan yang terbatas. Kedua yaitu keterlambatan dokumen yang disebabkan oleh kelalaian dan sumber daya manusia yang tidak terlatih, serta terbatasnya waktu yang menyebabkan adanya tambahan biaya dan pekerjaan yang menumpuk. Faktor utama kedua Method dimana terdapat akar masalah yaitu kurang pelatihan dan tidak ada pengawasan yang menyebabkan karyawan tidak mengikuti SOP dan pekerjaan yang menjadi berantakan. Faktor yang ketiga yaitu dari segi material dimana dikarenakan oleh jumlah dokumen yang banyak menjadikan karyawan menunda pekerjaan dan disebabkan oleh jumlah karyawan yang terbatas. Kedua yaitu Dokumen kurang rapih yang menyebabkan terjadinya kehilangan dokumen dan dokumen akan sulit dicari, serta Tidak ada pemeriksaan ulang pada dokumen yang disebabkan oleh waktu yang terbatas dan pekerjaan yang menumpuk. Factor yang ke empat yaituu dari segi Machine dimana terjadinya Internet yang tidak mendukung yang menyebabkan karyawan tidak dapat bekerja dan dapat menghambat pekerjaan mereka, serta terjadinya keterbatasan alat yang disebabkan oleh kurangnya fasilatas yang memadai dan dokumen menumpuk. Factor yang terakhrir yaitu dari Evironment atau lingkungan dimana Terjadinya Suasana yang tidak kondusif yang disebabkan oleh tidak disiplinnya karyawan dan ketidak teraturan karyawan dalam bekerja. Kedua, terjadi minimnya Tanggung jawab pada diri karyawan yang disebabkan oleh ketidak disiplinan karyawan dalam mengerjakan tugas dan kurangnya pengawasan. Serta kurangnya disiplin disebabkan karena tidak serius dalam bekerja dan tidak mengikuti SOP

Item Type: Teaching Resource
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:25
Last Modified: 28 Mar 2022 03:25
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item