ANALISIS RISIKO OPERASIONAL GUDANG PUSAT LOGISTIK BERIKAT PT. CIPTA KRIDA BAHARI OSOWILANGUN SURABAYA MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYS (FMEA(KP.16.16.19.54)

Hijriyana, Rangi and Sihombing, Tulus Martua and Ariffien, Afferdhy (2019) ANALISIS RISIKO OPERASIONAL GUDANG PUSAT LOGISTIK BERIKAT PT. CIPTA KRIDA BAHARI OSOWILANGUN SURABAYA MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYS (FMEA(KP.16.16.19.54). [Teaching Resource]

[img] Text
BAB I.pdf

Download (80kB)

Abstract

6.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis menggunakan metode FMEA maka di ambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Risiko yang mungkin terjadi yaitu: Tabel 6. 1 risiko yang mungkin terjadi Item Jenis Kegagalan pada proses Efek yang ditimbulkan S Penyebab kegagalan O Kontrol yang dilakukan D RP N kegagala n pada proses operasion al barang rusak/ cacat pada saat handling Timbulnya komplain dan ketidak puasan coustumor 4 kelalaian/ terburu�burunya operasional pada saat penataan barang yang akan keluar 5 melakukan pengecekan pada saat penataan berlangsung 5 100 kesalahan pengiriman barang mengalami kerugian 4 tidak fokusnya karyawan 3 mengecek kembali barang yang akan dikirm sudah SPPD atau belum 5 60 keterlambatan pengiriman barang pekerjaan yang lain terbengkalai 3 salah satu karyawan sakit 4 Setiap karyawan mempunyai kemampuan yang sama 4 48 pemasukan data tidak sesuai ke dalam system terkena sanksi oleh bea cukai 3 terburu-buru dalam memasukkan data karena pekerjaan menumpuk 4 setiap karyawan memiliki jobdes yang jelas 4 48 barang rusak/ cacat pada saat handling Timbulnya komplain dan ketidak puasan coustumor 3 kesalahan memakai alat handling 3 Memberikan pelatihan terhadap operator 5 45 Tabel 6. 2 risiko yang mungkin terjadi (Lanjutan) barang rusak/ cacat pada saat handling Timbulnya komplain dan ketidak puasan coustumor 4 penumpukan barang yang berlebihan 2 menumpuk barang berdasarkan SOP 3 24 barang rusak/ cacat pada saat handling Timbulnya komplain dan ketidak puasan coustumor 4 kelalaian/ terburu-burunya operasional pada saat penataan barang yang akan keluar 5 melakukan pengecekan pada saat penataan berlangsung 5 100 barang terjatuh saat handling barang mengalamain kerusakan 3 lantai yang tidak rata 2 melakukan renovasi terhadap gudang 3 16 menumpuknya data yang dimasukkan ke dalam system memasukkan data ke sisitem menjadi terhambat 2 jaringan sistem melambat 5 mengontrol sistem yang di lakukan oleh tim IT 3 30 pemasukan data tidak sesuai ke dalam system terkena sanksi oleh bea cukai 3 terburu-buru dalam memasukkan data karena pekerjaan menumpuk 4 setiap karyawan memiliki jobdes yang jelas 4 48 menumpukknya barang yang akan di bongkar muat terjadinya antrian 3 pihak comercial tidak memberitahuka n barang yang inbound atau outbound barang 3 memberitahu kan barang sebelum datangnya barang 4 36 kesalahan pengiriman barang mengalami kerugian 4 tidak fokusnya karyawan 3 mengecek kembali barang yang akan dikirm sudah SPPD atau belum 5 60 terjadinya kecelakaan kerja karyawan terluka 4 kurang hati�hatinya karyawan ketika operasional 2 menaati K3 yang sudah ada 3 24 barang rusak/ cacat pada saat handling Timbulnya komplain dan ketidak puasan coustumor 4 penumpukan barang yang berlebihan 2 menumpuk barang berdasarkan SOP 3 24 Dimana dari table di atas dapat dilihat bahwa ada 14 aktifitas yang teridentifikasi adanya risiko kegagalan pada saat proses operasional. 2. Analisis risiko. Dimana dari 14 aktivitas tersebut terdapat 5 aktivitas yang teridentifikasi adanya risiko kegagalan yang meiliki nilai RPN terbesar yaitu: Tabel 6. 3 5 Risiko dengan nilai RPN tertinggi Item Jenis Kegagalan pada proses Efek yang ditimbulkan S Penyebab kegagalan O Kontrol yang dilakukan D RPN kegagalan pada proses operasional barang rusak/ cacat saat pengiriman Timbulnya komplain dan ketidak puasan coustumor 4 kelalaian operasional pada saat pemasangan ratchat 5 melakukan pengecekan ulang ketika ratchat telah di pasang 3 60 menumpukknya barang yang akan di bongkar muat terjadinya antrian 3 pihak comercial tidak memberitahukan barang yang inbound atau outbound barang 5 memberitahukan barang sebelum datangnya barang 3 45 barang rusak/ cacat pada saat handling Timbulnya komplain dan ketidak puasan coustumor 4 kelalaian/ terburu-burunya operasional pada saat penataan barang yang akan keluar 5 melakukan pengecekan pada saat penataan berlangsung 2 40 kesalahan pengiriman barang mengalami kerugian 4 tidak fokusnya karyawan 3 mengecek kembali barang yang akan dikirm sudah SPPD atau belum 3 36 barang rusak/ cacat pada saat handling Timbulnya komplain dan ketidak puasan coustumor 4 kesalahan memakai alat handling 3 melihat SOP penggunaan alat handling yang sesuai dengan peruntukannya 2 24 1. Jenis kegagalan pada proses yaitu barang rusak/cacat saat pengiriman barang keoada coustomer dengan nilai RPN 100, kelalaian/ terburu-burunya operasional pada saat penataan barang yang akan keluar . Dimana efek dari hal tersebut akan membuat barang rusak dan akan menimbulkan rasa kecewa serta ketidak puasan pelanggan pada perusahaan serta terjadinya komplain dari pelanggan. 2. Jenis kegagalan menumpuknya barang yang akan dibongkar atau di muat dengan nilai RPN 60 yang di sebabkan karena tidak fokusnya karyawan pada saat akan mengirim barang. Dimana efek dari.hal tersebut akan menimbulkan kompalin dari pelanggan karena barang mereka mengalami kesalah pengiriman barang. 3. Jenis kegegalan barang rusak/cacat pada saat handling dengan nilai RPN 48, dimana disebabkan karena salah satu karyawan sakit efeknya pekerjaan akan mengalami keterlambatan dan pekerjaan akan mengalami penumpukan . 4. Jenis kegegalan pada proses yaitu kesalahan pengiriman barang dengan nilai RPN48, yang terburu-buru dalam memasukkan data karena pekerjaan menumpuk, dimana akan berdampak terjadinya data yang dimasukkan ke dalam system tidak sesuai dan akan mendapat peringatan atau sangsi dari bea dan cuka. 5. Jenis kegagalan pada proses yaitu barang rusak/ cacat pada saat handling dengan nilai 45, dimana penyebabnya adalah kesalahan memakai alat handling sesuai jenis barang yang akan di handling, di mana akan menimbulkan efek komplainnya customer karena barang rusak.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:07
Last Modified: 24 Mar 2022 04:07
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item