ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) & PENENTUAN RUTE UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA DISTRIBUSI PERUSAHAAN PT. X (16115050)

Fauzan Rizqi, Muhammad Nur and Dewi, Nurlaela Kumala and Sihombing, Tulus Martua (2019) ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) & PENENTUAN RUTE UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA DISTRIBUSI PERUSAHAAN PT. X (16115050). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB I - PENDAHULUAN.docx.pdf

Download (808kB)

Abstract

vii STIMLOG Indonesia ABSTRAK Dalam kegiatan distribusi terdapat suatu komponen penting, yaitu transportasi. Setiap kegiatan distribusi, biaya transportasi merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi pengeluaran yang berlebih bagi perusahaan. Aspek yang perlu diperhatikan untuk meminimumkan biaya transportasi tersebut diantaranya yaitu dengan cara mengoptimalkan jarak dari titik awal hingga ke konsumen. Salah satu contoh dari seluruh kegiatan distribusi yaitu pendistribusian produk makanan olahan dari ubi. Dalam proses pengirimannya saat ini PT. X melakukannya dengan armada sendiri untuk pengirimannya. Sedangkan dalam pengirimannya, supir selalu memilih rute yang jaraknya jauh dan cara mengendarai mobil yang kurang baik. Hal ini akan menambah waktu serta biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, untuk meminimumkan biaya operasional kendaraan yang dikeluarkan, perlu dilakukan perhitungan mengenai biaya dan juga juga penentuan rute pendistribusian produk dengan menggunakan perhitungan BOK dan metode Algoritma Dijkstra untuk penentuan rutenya. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa dari metode algoritma dijkstra akan menghasilkan rute terpendek yang akan menjadikan biaya yang minimum. Sehingga, dapat dilihat bahwa dalam kondisi usulan, terjadi pengurangan biaya dan artinya terjadi penghematan yang didapatkan antara rute awal dan usulan yaitu: Rute lokasi A sebelumnya yang dipilih untuk lokasi ini berjarak 21,9 km. Setelah dilakukan perhitungan, menghasilkan rute yang lebih pendek dengan jarak 20,1 km, terjadi penghematan jarak sebesar 8,22%. Rute lokasi B sebelumnya lokasi ini berjarak 19,4 km, setelah dilakukan perhitungan menggunakan rute terpendek ada rute lain yang lebih pendek dengan jarak 17,3 km, terjadi penghematan jarak sebesar 10,82%. Rute lokasi C sebelumnya pemilihan rute untuk lokasi ini berjarak 27,1 km, setelah dilakukan perhitungan terdapat rute yang lebih pendek dengan jarak 26,1 km, terjadi penghematan jarak sebesar 3,69%. Kata Kunci: Distribusi, Ubi Jalar, Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Pemilihan Rute Terpendek Algoritma Dijkstra

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:03
Last Modified: 21 Mar 2022 07:03
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item View Item