ANALISIS PENENTUAN TARIF IDEAL KENDARAAN TRUK BARANG BERDASARKAN PERHITUNGAN BIAYA OPERASIONAL KAPAL ( STUDI KASUS PT. ASDP INDONESIA FERRY LINTASAN PADANG - SIKAKAP ) (13115100)

Ambarita, Bernando Yoke and Syafrianita, Syafrianita and Nariendra, Pradhana W. (2020) ANALISIS PENENTUAN TARIF IDEAL KENDARAAN TRUK BARANG BERDASARKAN PERHITUNGAN BIAYA OPERASIONAL KAPAL ( STUDI KASUS PT. ASDP INDONESIA FERRY LINTASAN PADANG - SIKAKAP ) (13115100). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB I .pdf

Download (135kB)

Abstract

ABSTRAK Bernando Yoke Ambarita, Analisis Penentuan Tarif Ideal Kendaraan Truk Barang Berdasarkan Perhitungan Biaya Operasional Kapal (Studi Kasus PT. ASDP Indonesia Ferry Lintasan Padang-Sikakap), Bandung, Manajemen Transportasi 2019. Secara geografis Indonesia merupakan negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratannya dan diketahui bahwa Indonesia terdiri dari banyak pulau besar dan pulau kecil maka tentunya di beberapa pulau kecil masih sering dijumpai perekonomian masyarakatnya masih di bawah rata-rata sehingga dibutuhkan sebuah penyokong untuk menunjang perekonomian pulau kecil tersebut. Dari tahun 2015 sampai 2018 diketahui jumlah kendaraan truk barang golongan 4, 5 dan 6 yang melintasi Padang-Sikakap mengalami penurunan yang signifikan sementara untuk truk barang golongan 7 dan 8 mengalami fluktuasi. Diketahui penurunan jumlah kendaraan truk barang golongan 4, 5 dan 6 ini dikarenakan keluhan tarif yang mahal dari beberapa supir truk sehingga hal ini mengakibatkan ekspedisi jasa truk tersebut akhirnya ikut menaikkan tarif layanan pengiriman barang mereka yang akhirnya tarif tersebut dibebankan mahal juga ke konsumen terutama pedagang kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu dilakukanlah penelitian dengan menggunakan metode Biaya Operasional Kapal untuk dapat mengetahui besaran tarif ideal yang bisa diterima. Dari hasil pengolahan data, didapatkan bahwa menggunakan metode Biaya Operasional Kapal diketahui total fix cost dan variable cost sebesar Rp 12.729.217.899/tahun. Adapun besaran tarif ideal untuk truk barang golongan 4 sebesar Rp 1.356.833,- dari tarif eksisting Rp 1.500.000,- besaran tarif ideal untuk truk barang golongan 5 sebesar Rp 2.004.944,- dari tarif eksisting Rp 2.100.000,- sementara untuk truk barang golongan 6 sebesar Rp 2.286.265,- dari tarif eksisting Rp 2.500.000,- dan untuk truk barang golongan 7 sebesar Rp 3.873.000,- dari tarif eksisting Rp 4.196.086,- dan untuk truk barang golongan 8 sebesar Rp 6.667.593,- dari tarif eksisting Rp 6.700.000,-. Analisis BEP untuk tarif ideal sebesar Rp 763,8/SUP maka harus terjadi penjualan 9.339.975,8 atau pada saat telah melakukan 182 trip penyeberangan untuk mencapai titik impas dari total SUP tahunan 33.709.646,88. Kata kunci : Biaya Operasional Kapal, Kapal Penyeberangan, Break Even Point, Satuan Unit Penumpang (SUP)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:48
Last Modified: 18 Mar 2022 06:48
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item