KINERJA PELAYANAN SISI UDARA DI BANDARA INTERNASIONAL KUALANAMU PADA SAAT HARI RAYA IDUL FITRI

DIWATRI, DISTY AMALIA and Nariendra, Pradhana Wahyu and Pakpahan, Hartati M. (2024) KINERJA PELAYANAN SISI UDARA DI BANDARA INTERNASIONAL KUALANAMU PADA SAAT HARI RAYA IDUL FITRI. Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

[img] Text
06. Draft Sidang TA disty amaliaa fix - Disty Amalia Diwatri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bandara yang menjadi salah satu bandara tersibuk ke-6 di Indonesia adalah bandara Kualanamu yang terletak di Medan, Provinsi Sumatera Utara dan dioperasikan oleh PT. Angkasa Pura II. Bandara Kualanamu memiliki operasi penerbangan yang cukup padat, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal tersebut dilihat dari jumlah pergerakan penumpang di Bandara Internasional Kualanamu pada tahun 2023 yaitu mencapai sekitar 181,511 penumpang yang melonjak sekitar 45%. Padatnya operasi penerbangan menjelang Hari Raya Idul Fitri menimbulkan antrean yang menyebabkan terjadinya keterlambatan. Adanya permasalahan yang menimbulkan antrean menjadi tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk menganalisis rata-rata interval waktu pesawat pada saat take off dan landing, panjang rata-rata antrean pesawat, serta waktu rata-rata menunggu dalam antrean. Penelitian ini menggunakan uji distribusi kedatangan, uji distribusi waktu pelayanan dan teori antrean. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa rata-rata interval take off adalah 4,709-8,554 menit, sedangkan interval waktu landing adalah 7,3-11 menit. Untuk rata-rata panjang antrean pesawat pada saat take off adalah 0,133 pesawat, serta panjang antrean pesawat untuk landing adalah 0,383 pesawat. Dan waktu rata-rata pesawat menunggu di dalam antrean pada saat take off adalah 0,034 jam, dan waktu rata-rata pesawat menunggu dalam antrean pada saat landing adalah 0,102 jam. Maka kinerja pelayanan sisi udara di Bandara Internasional Kualanamu disebut baik, karena memiliki waktu tunggu serta waktu antrian yang rendah dan sesuai dengan standar kinerja pelayanan bandara. Kata Kunci:bandara, take off, landing, pesawat, antrean, kinerja pelayanan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:03
Last Modified: 21 Aug 2024 04:04
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2506

Actions (login required)

View Item View Item