ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA J&T EXPRESS BANDUNG

Ramadhan, Mohamad Alwan Najib and Adiprasetyo, Wahyudi and Suntoro, Suntoro (2024) ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA J&T EXPRESS BANDUNG. Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

[img] Text
inbound8135324027926034569 - Mohamad Alwan Najib Ramadhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia bisnis, indikator kualitas pelayanan menjadi hal yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan, baik dalam bisnis produk maupun jasa. Tantangan bisnis kedepan semakin rumit bagi para pemilik bisnis dalam menjalankan proses bisnisnya. Perbedaan dengan kompetitor menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan atau pelaku bisnis untuk selalu berkembang dan bersaing melalui berbagai inovasi, seperti meningkatkan pelayanan yang baik dalam aspek apapun, terutama pada produk atau jasa, untuk menumbuhkan rasa puas kepada pelanggan. J&T Express merupakan perusahaan jasa pengiriman yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang sering berbelanja online. Oleh karena itu, untuk mempertahankan kepopulerannya, J&T Express harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Perusahaan jasa pengiriman J&T Express menghadapi tantangan yang mempengaruhi citra dan layanannya, seperti keluhan pelanggan dan keterlambatan pengiriman paket, serta kerugian lainnya yang disebabkan oleh pembeli online. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui hubungan dan pengaruh citra merek, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Data yang dikumpulkan berasal dari penyebaran kuesioner kepada pelanggan yang pernah menggunakan jasa J&T Express dengan jumlah maksimal 100 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan masing-masing variabel independen yaitu citra merek, harga, dan kualitas pelayanan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan, serta melihat seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk menyelesaikan permasalahan yang diteliti adalah menggunakan analisis regresi dan korelasi. Analisis regresi dan korelasi digunakan untuk mencari hubungan dan pengaruh variabel pada penelitian ini. Penelitian ini mengungkapkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan sebesar 64,2% terhadap kepuasan pelanggan, harga berpengaruh sebesar 25%, dan kualitas layanan berpengaruh sebesar 61,3%. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan sebesar 75,8% terhadap kepuasan pelanggan. Kata kunci: Citra Merek, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan,. J&T Express

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:12
Last Modified: 21 Aug 2024 03:12
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2505

Actions (login required)

View Item View Item