Optimasi Jumlah Key Account Management Menggunakan Model Antrian Di Pt Sejati International Logistics Freight Forwarding

Purnomo, Agus (2021) Optimasi Jumlah Key Account Management Menggunakan Model Antrian Di Pt Sejati International Logistics Freight Forwarding. Jurnal Logistik Bisnis, 11 (2). pp. 65-70. ISSN 2086-8561

[img] Text
2122Gjl Jurnal LB_Optimasi Jumlah Key Account Management Model Antrian Di Pt SIL Freight Forwarding_Nov 2021.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/logistik/arti...

Abstract

Jumlah tim Key Account Management (KAM) PT PT Sejati International Logistics Freight Forwarding saat ini yaitu sebanyak 3 orang. Jumlah tim KAM ini belum menunjukkan kinerja yang baik dilihat dari kinerja pelayanan penyelesaian quotation yang rendah sehingga perusahaan mengalami lose kinerja quotation sebesar 48,28%. Tujuan penelitian ini adalah menentukan jumlah tim KAM yang optimal sehingga dapat meningkatkan pelayanan pembuatan quotation pada tingkat biaya yang minimal. Perhitungan total ongkos antrian ditelusuri untuk setiap jumlah tim KAM 1 sampai dengan 7. Hasil perhitungan memperlihatkan bahwa jumlah tim KAM yang optimal adalah 4 orang dengan ongkos total sistem antrian = $117,6 / hari. Kinerja sistem antrain dengan jumlah tim KAM sebanyak 4 orang, yaitu : Ekspektasi panjang antrian di sistem (Ls) = 4 inquiry, Ekspektasi panjang antrian (Lq) = 1 inquiry, Ekspektasi waktu menunggu di sistem (Ws) = 0,96 jam, Ekspektasi waktu menunggu (Wq) = 0,27 jam, Probabilitas tidak terdapat inquiry yang sedang antri (Po) = 0,3.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Dr. Ir. Agus Purnomo, M.T. CMILT.
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:40
Last Modified: 29 Jul 2024 06:40
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2426

Actions (login required)

View Item View Item