Analisis Pemilihan Online Shop Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP) ( Studi Kasus Customer Online Shop Kota Bandung ) (13114003)

Fadhil, Imam Ahmad and Syafrianita, Syafrianita and Purnama, Anggi Widya (2018) Analisis Pemilihan Online Shop Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP) ( Studi Kasus Customer Online Shop Kota Bandung ) (13114003). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)

Abstract

iii STIMLOG Indonesia ABSTRAK Imam Ahmad Fadhil., Analisis Pemilihan Online Shop Menggunakan Metode Analitycal Network Process (ANP) Studi Kasus Pengguna Customer Online Shop Kota Bandung, Bandung, Manajemen Transportasi., 2018. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berdampak besar pada perubahan aktivitas manusia. Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 54.68% masyarakat Indonesia telah menggunakan internet dalam kehidupan sehari-harinya. Jumlah pengguna internet yang bertambah setiap tahunnya merupakan peluang yang besar bagi para pelaku bisnis untuk membangun pasar dengan sistem digitalisasi. Salah satu aktivitas yang berubah dengan kemajuan tekonologi informasi dan komunikasi adalah cara belanja dari tradisional menjadi terdigitalisasi atau yang dikenal dengan istilah E-Commerce. Dengan adanya E-Commerce maka diperlukan sistem pengambilan keputusan yang harus diambil dari serangkaian kegiatan ataupun masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bagian dari keputusan itu adalah memilih untuk melakukan belanja online di market place yang memiliki produk dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan customer. Dalam melakukan pemilihan online shop, cluster-cluster yang dijadikan tolak ukur harus mewakili seluruh standar penilaian customer, sehingga penilaian dapat dilakukan secara maksimal dan hasil yang di dapat bermanfaat bagi customer. Metode analitycal network process (ANP) merupakan metode dalam sistem pengambilan keputusan digunakan untuk melakukan pemilihan online shop yang paling diminati masyarakat pengguna online shop kota Bandung. Dengan memberikan penilaian berdasarkan cluster yang ada, pengolahan dilakukan dengan menghitung nilai geomteri mean, eigen vector, eigen value dan nilai consistensi ratio serta melakukan perhitungan supermatriks didapatkan hasil bahwa; cluster yang paling utama dalam pemilihan online shop adalah communication system dengan persentase sebesar 29.19%, sub-cluster yang paling mempengaruhi adalah fisik barang dengan persentase sebesar 5.80%, sub-sub cluster kelengkapan produk dengan persentase sebesar 5.06%. Online shop yang paling diminati berdasarkan cluster-cluster serta alternatif yang ada adalah Lazada Indonesia dengan persentase sebesar 23.74%. Kata Kunci: Online Shop, Pengambilan Keputusan, Sistem, Analitycal Network Process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 10 Mar 2022 07:42
Last Modified: 10 Mar 2022 07:42
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item