FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KESELAMATAN MENGEMUDI PADA SUPIR DALAM MENGEMUDI ANGKUTAN DARAT BARANG

Lestiani, Melia Eka and Nariendra, Pradhana Wahyu and Pratama, Tedy (2020) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KESELAMATAN MENGEMUDI PADA SUPIR DALAM MENGEMUDI ANGKUTAN DARAT BARANG. Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi, 6 (2). pp. 80-99. ISSN 2442-9341

[img] Text
Vol 7 No.1 - Artikel 2 Afferdhy, Wicaksana.pdf

Download (397kB)

Abstract

ABSTRAK Masalah keselamatan di jalan sangat erat kaitannya dengan lalu lintas karena dapat terjadi kecelakaan yang dapat menimbulkan kerugian dan kematian. Keselamatan lalu lintas menjadi salah satu prioritas yang harus diutamakan dan perhatikan. Terjadinya kecelakaan dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yakni manusia, faktor kendaraan, faktor jalan dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah faktor apa sajakah yang mempengaruhi perilaku keselamatan mengemudi pada sopir dalam mengemudi angkutan barang, dan bagaimanakah pengaruh hubungan antara faktor-faktor tersebut yang mempengaruhi keselamatan mengemudi angkutan barang. Dilakukan penyebaran kuesioner pada pengemudi sopir angkutan darat barang diperoleh 102 responden yang mengisi kuesioner dengan beberapa faktor yakni untuk faktor internal terdiri dari pelemahan kekuatan yang masing-masing terdiri dari lelah seluruh badan (PK1), menguap pada saat bekerja (PK2), beban pada mata (PK3), mengantuk (PK4), dan pikiran kacau (PK5); pelemahan motivasi yaitu sulit berkonsentrasi (PM1), lelah berbicara (PM2), sulit mengontrol sikap (PM3), mudah lupa sesuatu (PM4), dan cemas (PM5); kelelahan fisik yakni sakit kepala (KF1), kaku di bahu (KF2), nyeri punggung (KF3), pening (KF4), gemetar (KF5). Pada faktor eksternal terdiri dari kondisi jalan yang masing-masing terdiri dari perilaku mengemudi pada saat jalan licin (KJ1), jalan berlubang (KJ2), jalan menurun (KJ3), jalan macet (KJ4), dan jalan sepi (KJ5); kondisi cuaca terdiri dari perilaku mengendara jalanan berkabut (KC1, KC2), jalanan hujan deras (KC3, KC4, KC5). Pada faktor safety riding terdiri dari menggunakan seatbelt (SR1), perilaku pada saat berada di jalanan perkotaan (SR2), perilaku pada saat berada di jalanan antarkota (SR3), perilaku pada saat lampu merah menyala (SR4), dan perilaku pada saat macet sebentar (SR5). Setelahnya dilakukan pengolahan data menggunakan analisis Structural Equation Modeling yang menghasilkan faktor berupa internal, eksternal, dan safety riding, dengan indikator (PK1), (PK2), (PK3), (PK4), (PK5), (PM1), (PM2), (PM3), (PM4), (KF2), (KJ1), (KJ2), (KJ3), (KJ4), (KC2), (KC3), (KC4), (SR2), (SR3),(SR4). Kata Kunci: perilaku mengemudi, safety riding, keselamatan mengemudi, angkutan darat barang, structural equation modeling ABSTRACT Road safety problems are very closely related to traffic because accidents can occur that can cause loss and death. Traffic safety is a priority that must be prioritized and improved. The occurrence of accidents is influenced by three main factors, namely humans, vehicle factors, road factors and the environment. The purpose of this study is what factors influence the driving safety behavior of drivers in driving goods transportation, and how is the influence of the relationship between these factors that affect the safety of driving goods transportation. Questionnaires were distributed to drivers of land transport drivers in there were 102 respondents who filled out the questionnaire with several factors namely for internal factors consisting of weakening strengths, each consisting of tiredness of the entire body (PK1), yawning at work (PK2), burden on the eyes (PK3), sleepiness (PK4), and chaotic thoughts (PK5); weakening motivation is difficult to concentrate (PM1), tired of talking (PM2), difficult to control attitude (PM3), easy to forget something (PM4), and anxiety (PM5); physical fatigue ie headache (KF1), shoulder stiffness (KF2), back pain (KF3), dizziness (KF4), trembling (KF5). External factors consist of road conditions, each of which consists of driving behavior when the road is slippery (KJ1), potholes (KJ2), downhill roads (KJ3), traffic jams (KJ4), and quiet roads (KJ5); weather conditions consist of driving behavior of foggy roads (KC1, KC2), heavy rain streets (KC3, KC4, KC5). The safety riding factor consists of using a seatbelt (SR1), behavior when on an urban road (SR2), behavior when on an intercity road (SR3), behavior when a red light is on (SR4), and behavior during a short traffic jam (SR5). Afterwards, the data is processed using Structural Equation Modeling analysis which produces factors in the form of internal, external, and safety riding, with indicators (PK1), (PK2), (PK3), (PK4), (PK5), (PM1), (PM2) ), (PM3), (PM4), (KF2), (KJ1), (KJ2), (KJ3), (KJ4), (KC2), (KC3), (KC4), (SR2), (SR3), (SR4), Keywords: driving behaviour, riding safety, driver safety, land transportation, structural equation modelling

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:19
Last Modified: 16 Feb 2022 03:19
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/24

Actions (login required)

View Item View Item