EVALUASI KINERJA FASILITAS BUKAAN MEDIAN (U-TURN) PADA SEGMEN RUAS JALAN PASTEUR KOTA BANDUNG (TA.13.19.23.24)

Kenichi, Numero and Ismanto, Ismanto (2023) EVALUASI KINERJA FASILITAS BUKAAN MEDIAN (U-TURN) PADA SEGMEN RUAS JALAN PASTEUR KOTA BANDUNG (TA.13.19.23.24). Masters thesis, Universitas Logistik & Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan transportasi di kota-kota besar di Indonesia semakin meningkat, termasuk perilaku gerak u-turn pada bukaan median jalan (Rohani, 2010). Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini yaitu waktu tempuh rata-rata untuk u-turn, panjang antrian u-turn, pelayanan pada ruas Jalan Pasteur. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui waktu tempuh rata-rata yang dibutuhkan setiap kendaraan yang akan melakukan u-turn, mengetahui panjang antrian kendaraan saat u-turn, dan mengetahui tingkat pelayanan pada Jalan Pasteur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, untuk mengukur kinerja u-turn adalah teori antian, dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 sebagai pedoman untuk melakukan perhitungan-perhitungan tentang lalu-lintas. Dari perhitungan volume lalu-lintas, kapasitas, waktu berputar kendaraan, V/C ratio, dan panjang antrian. Pada segmen ruas jalan dari dan menuju Pasteur, diperoleh nilai kapasitas sebesar 3234 smp/jam, waktu berputar kendaraan rata-rata tertinggi yaitu 9,2 detik/kend dan waktu berputar terendah adalah 6 detik/kend. diperoleh kecepatan tertinggi pada interval waktu pukul 16.00-17.00, dengan kecepatan 14,07 Km/jam. Dengan tingkat pelayanan jalan kriteria F, diperoleh hasil untuk U-turn tidak dapat memenuhi syarat dikarenakan memiliki lebar median kurang dari 5 meter. Hasil analisis kendaraan di U-Turn tersebut memiliki tingkat pelayanan terbesar pada interval waktu, pukul 08.45-09.00 dengan jumlah 600 kend/jam, dan tingkat pelayanan terkecil terjadi pada pukul 16.30.16.45 dengan jumlah 391 kend/jam. Untuk antrian terpanjang terjadi pada interval waktu pukul 08.15-08.30, dengan panjang antrian sebesar 11,70 meter, sementara antrian terpendek terjadi pada interval waktu pukul 17.45-18.00, dengan panjang antrian 3,85 meter. pada hasil dari analisis kinerja U-Turn memiliki rasio antrian <1 pada masing-masing waktunya, rasio antrian tertinggi hanya sebesar 0,17 pada interval waktu pukul 16.15-16.30 yang artinya tidak terjadi antrian kendaraan pada titik tersebut. Kata Kunci: Jalan, U-Turn, Antrian, PKJI 2014

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:57
Last Modified: 18 Jul 2024 07:57
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2364

Actions (login required)

View Item View Item