Analisis Pengendalian Kualitas Untuk Meminimalkan Return Barang Dalam Proses Pengiriman Ke Konsumen (Studi Kasus: PT Sukanda Djaya, Cikarang Barat) (TA.13.19.23.34)

Hutabarat, Theresia Sela Umirintia and Purnama, Anggi Widya and Dewi, Nurlaela Kumala (2023) Analisis Pengendalian Kualitas Untuk Meminimalkan Return Barang Dalam Proses Pengiriman Ke Konsumen (Studi Kasus: PT Sukanda Djaya, Cikarang Barat) (TA.13.19.23.34). Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam proses pengiriman produk, terdapat permasalahan dalam proses pengiriman ke pihak customer yang menyebabkan barang gagal kirim dan tidak sesuai dengan permintaan dari pihak customer dikarenakan mengalami beberapa kendala. Sehingga terjadi komplain dari pelanggan karena merasa tidak puas terhadap pelayanan yang didapatkannya dari pihak perusahaan. Dengan kata lain, bahwa harapan responden berbeda dengan kenyataan yang diterimanya. Oleh sebab itu, pengendalian kualitas yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode seven tools, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), dan analisis 5W+1H. Berdasarkan hasil analisis FMEA, diperoleh 11 potensi kegagalan. Faktor penyebab return barang tersebut terdiri dari produk double, salah input order, ketidaktelitian saat pemisahan dokumen, kesalahan confirm quantity system, alamat tidak jelas/salah routing, salah turun barang, pengiriman terlambat, rusaknya produk selama dalam perjalanan, terdapat selisih fisik ukuran/kiloan antara SPB dengan barang, ketidaktelitian checker saat loading barang, salah alokasi kendaraan saat loading barang. Solusi perbaikan untuk mengurangi return barang di PT Sukanda Djaya, Cikarang Barat dilihat berdasarkan RPN di atas 64 dengan kategori medium.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:38
Last Modified: 18 Jul 2024 07:38
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item View Item