ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ARMADA BUS PERKOTAAN SEBAGAI PENUNJANG PARIWISATA DI SUMBA TIMUR: SOLUSI TRANSPORTASI LOKAL UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA (TA.13.19.23.37)

Poetri, Niken Praditya and Purnama, Anggi Widya and Dewi, Nurlaela Kumala (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ARMADA BUS PERKOTAAN SEBAGAI PENUNJANG PARIWISATA DI SUMBA TIMUR: SOLUSI TRANSPORTASI LOKAL UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA (TA.13.19.23.37). Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kabupaten Sumba Timur di Provinsi Nusa Tenggara Timur banyak menyimpan potensi untuk dijadikan sebagai destinasi wisata, namun kendaraan yang digunakan untuk pariwisata di Sumba Timur masih menggunakan kendaraan perkotaan pendukung pariwisata, dari segi kualitas yang ada pada bus perkotaan. Sehingga sangat dibutuhkannya bus khusus pariwisata untuk menunjang kegiatan pariwisata yang ada. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas pelayanan armada bus ke tempat wisata di Sumba Timur dan untuk memberikan solusi transportasi lokal yang lebih baik dan mendukung kegiatan pariwisata yang ada menggunakan metode Service Quality, Importance Performance Analysis (IPA) untuk menganalisis kualitas pelayanan dan gap analisis untuk melihat kesesuaian terhadap PM Nomor 29 Tahun 2015 dan standar bus pariwisata. Hasil yang diperoleh dari metode Servqual lima dimensi yaitu Empathy (Perhatian), masih terdapat atribut yang belum memenuhi harapan para penumpang dengan nilai kualitas layanan 0.945 ≤ 1; Assurance (Jaminan), masih terdapat atribut yang belum memenuhi harapan para penumpang dengan nilai kualitas layanan 0.963 ≤ 1; Responsiveness (Daya tanggap), masih terdapat atribut yang belum memenuhi harapan para penumpang dengan nilai kualitas layanan 0.962 ≤ 1; Tangible (Bukti Fisik), masih terdapat atribut yang belum memenuhi harapan para penumpang dengan nilai gap kualitas layanan tertinggi 0.780 ≤ 1. Sehingga belum dapat dikatakan baik; Reliability (Kehandalan), pada dimensi pelayanan Reliability (Kehandalan) masih terdapat atribut yang belum memenuhi harapan para penumpang dengan nilai kualitas layanan 0.978 ≤ 1. Hasil dari analisis IPA pada kuadran I terdapat satu atribut yang masih menjadi prioritas utama, serta pada kuadran III terdapat lima atribut yang menjadi prioritas rendah. Pada gap analisis terhadap PM Nomor 29 Tahun 2015 masih terdapat empat indikator yang belum memenuhi standar dan pada standar bus pariwisata masih terdapat satu indikator yang belum memenuhi standar. Kata Kunci : Sumba Timur, Transportasi, Bus Pariwisata

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:05
Last Modified: 18 Jul 2024 07:05
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2358

Actions (login required)

View Item View Item