ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PDCA (PLAN-DO-CHECK-ACTION) DI PT KAWAN INTEGRASI DIGITAL INDONESIA (TA.13.19.23.20)

Gumulya, Salsa Febiyanty and Putro, Agus Eko and Syafrianita, Syafrianita (2023) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PDCA (PLAN-DO-CHECK-ACTION) DI PT KAWAN INTEGRASI DIGITAL INDONESIA (TA.13.19.23.20). Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT Kawan Integrasi Digital Indonesia merupakan salah satu perusahaan jasa logistik yang ada di Kota Bandung yang menerapkan sistem B2B. Perusahaan ini tidak menangani pengiriman secara langsung dari lokasi gudang pengirim sampai ke gudang kota tujuan melainkan operasional pengiriman dan pendistribusian produk dilakukan oleh vendor jasa trucking yang sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan PT Kawan Integrasi Digital Indonesia. Dalam hal ini penerima hanya mengetahui produk yang diterimanya dikirim oleh PT Kawan Integrasi Digital Indonesia bukan oleh vendor jasa trucking. Selama periode Januari – Maret 2023 perusahaan mengalami 35% case penyimpangan kualiatas yang dilakukan oleh vendor. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis menggunakan PDCA untuk dapat melihat permasalahan yang terjadi. Dan menganalisisnya dengan 5W+1H Permasalahan utama dalam perusahaan adalah tidak adanya tindakan preventif dan korektif. Solusi yang dapat dilakukan dengan pencegahan dan perbaikan. Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan tindakan preventif pada seleksi yaitu melakukan pendekatan dengan metode AHP untuk penentuan prioritas seleksi vendor dan vendor yang terpilih adalah HANS dengan bobot 0,56259617, memperhitungkan biaya pengembalian yang semakin tinggi, dan melakukan quality control. Untuk tindakan preventif pada evaluasi yaitu melakukan inspeksi barang sebelum dikirim dan mengecek kesesuaian barang dengan kendaraan yang digunakan. Sedangkan untuk tindakan korektif pada seleksi yaitu menggunakan diagram pareto untuk mengidentifikasi penyebab utama masalah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk bekerja sama dalam menanganginya, dan penyimpangan kualitas yang tertinggi adalah barang rusak persentase kumulatif 73% dan membuat berita acara, menambah sumber daya untuk inspeksi barang, dan menyediakan sistem keluhan yang cepat tanggap. serta menggunakan metode seven tools dengan alat–alat yang digunakan adalah diagram pareto, peta kendali serta fishbone. Kata Kunci : PDCA, 5W+1H, tindakan preventif dan korektif, AHP, diagram pareto, diagram Peta Kendali dan diagram fishbone.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Manajemen Logistik > rantai pasok > RC Internal medicine
Biaya Transportasi > rantai pasok > RC Internal medicine
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:59
Last Modified: 18 Jul 2024 07:27
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2347

Actions (login required)

View Item View Item