PENERAPAN LEAN SERVICE UNTUK MEMINIMALISIR WASTE PADA PROSES PENERBITAN RENCANA PENAMBATAN KAPAL DAN OPERATION PLANNING DI PT PELABUHAN MULTIPURPOSE TANJUNG PRIOK (TA.13.19.23.17)

Gaol, Ronauli L. and Pakpahan, Hartati M. and Nariendra, Pradhana W. (2023) PENERAPAN LEAN SERVICE UNTUK MEMINIMALISIR WASTE PADA PROSES PENERBITAN RENCANA PENAMBATAN KAPAL DAN OPERATION PLANNING DI PT PELABUHAN MULTIPURPOSE TANJUNG PRIOK (TA.13.19.23.17). Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT Pelabuhan Multipurpose Tanjung Priok merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa penambatan kapal. Terdapat permasalahan pada pelayanan penerbitan surat penambatan kapal masih dianggap memberikan pelayanan yang belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis waste tertinggi, menganalisis aktivitas yang tidak perlu dan total waktu aktivitasnya, serta usulan perbaikan untuk meminimalisir waste melalui pendekatan Lean Service. Pendekatan Lean Service menggunakan metode Waste Assessment Model dan Value Stream Mapping Tools untuk mengetahui keterkaitan antar waste dan waste tertinggi. Selanjutnya untuk pemetaan secara detail serta mengurangi waste yang terjadi dengan metode Value Stream Mapping Tools (VALSAT) sehingga diketahui bahwa tools yang sesuai untuk digunakan dalam pemecahan masalah yaitu Process Activity Mapping (PAM). Waste Assessment Model menghasilkan peringkat waste sehingga dapat diketahui waste tertinggi yang terjadi adalah transport of document dan waiting do for the next step. Aktivitas yang tidak perlu pada penerbitan RPKOP adalah 18,04 menit dan aktivitas yang harus digabungkan pada penerbitan RPKOP dengan total waktu keseluruhan aktivitas adalah 34,05 menit. Usulan perbaikan yang dapat diberikan yaitu berupa saran untuk meningkatkan manajemen sumber daya manusia, merancang skala prioritas pekerjaan, meningkatkan implementasi sistem informasi, mengurangi aktivitas non value added, serta menggabungkan kegiatan yang hampir serupa. Kata Kunci: Lean Service, Waste Assessment Model, Value Stream Mapping Tools, Process Activity Mapping.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:05
Last Modified: 18 Jul 2024 07:30
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2341

Actions (login required)

View Item View Item