ANALISIS KETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANG AKIBAT SALAH SALUR DI SENTRA PENGOLAHAN POS BANDUNG 40400 (TA.13.19.23.16)

Kusuma, Danoer Surya Adi and Dewi, Nurlaela Kumala and Purnama, Anggi Widya (2023) ANALISIS KETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANG AKIBAT SALAH SALUR DI SENTRA PENGOLAHAN POS BANDUNG 40400 (TA.13.19.23.16). Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT.Pos Indonesia merupakan perusahaan milik BUMN yang bergerak di bidang jasa pengiriman dan keuangan terkemuka di Indonesia. Pada saat menjalankan proses bisnisnya PT.Pos Indonesia memiliki sarana prasarana yang tersebar di seluruh wilayah indonesia yang berbentuk Hub and Spoke. Dalam pengamatan saat proses pengiriman barang sering terjadi permasalahan salah salur yang mana fenomena ini merugikan perusahaan dari sigi waktu, oprasional, dan citra pelayanan perusahaan Keterlambatan pengiriman barang merupakan masalah yang sering dihadapi oleh Perusahaan jasa pengiriman barang. Salah satu penyebab keterlambatan adalah kesalahan dalam proses pengiriman, terutama pada perusahaan layanan pengiriman seperti PT Pos Indonesia. Dalam penelitian ini penulis mencoba meminimalisir fenormena keterlambatan pengiriman barang menggukan metode SCOR (Supply chain operation Refrence) dengan pendekatan BP (Bussiness Procces Improvement) penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir permasalahan yang terjadi khususnya salah salur. Penelitian ini berlangsung kurun waktu 3 bulan didapati indeks kinerja perusahaan sebesar 94%-95%, permasalahan salah salur sebesar 5%-6% setiap bulannya yang kemudian di selesaikan dengan metode SCOR dengan pendekatan BPI untuk mengatasi permasalahan pada proses bisnis sehingga dengan adanya rekayasa ulang proses bisnis diharapkan mampu meminimalisir keterlambatan pengiriman barang akibat salah salur. Setelah penerapan SCOR dengan memetakan 14 atribut kerja didapati bahwa ada beberapa proses yang rawan terjadi kesalahan dan dengan pendekatan BPI didapatkan usulan rekayasa ulang proses bisnis yang diharapkan mampu untuk mengoptimalkan kinerja lebih baik lagi. Kata Kunci : Keterlambatan pengiriman, Salah Salur, SCOR,BPI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:57
Last Modified: 18 Jul 2024 07:31
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item View Item