PENGARUH HARGA DAN KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGIRIMAN PAKET POS BERASURANSI PT POS INDONESIA (PERSERO) (Studi Kasus KCU Pos Indonesia Asia Afrika) (1.4.4.23.015/FAI/P)

DARMA, FAIZAL SETIA and Anggraeni, Angga Dewi and Madani, H. Farid (2023) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGIRIMAN PAKET POS BERASURANSI PT POS INDONESIA (PERSERO) (Studi Kasus KCU Pos Indonesia Asia Afrika) (1.4.4.23.015/FAI/P). Diploma thesis, ULBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faktor kepuasan pelanggan diantaranya adalah harga dan kualitas layanan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas layanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas asuransi barang Pos Indonesia terhadap kepuasan Konsumen di Indonesia. Variabel dalam penelitian ini adalah Harga asuransi barang Pos Indonesia (X1) indikator yang dipakai ialah harga yang dapat dijangkau, harga yang menjanjikan, kesesuaian harga. Kualitas Jasa asuransi barang Pos Indonesia (X2) dengan indikator berwujud, keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan kepuasan pelanggan (Y) dengan indikator kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali dan kesediaan merekomendasikan. Harga yang ditetapkan Pos Indonesia untuk asuransi pengiriman barang tergolong terjangkau dan jaminan yang diberikan cukup besar. Kepuasan pelanggan ialah terdapat berbagai keluhan tentang barang pelanggan yang mengalami kerusakan dan sebagainya dan juga ketidakpuasan pelanggan terhadap kualitas jasa asuransi di Pos Indonesia. Terdapat fenomena gagal klaim asuransi dikarenakan kualitas jasa asuransi barang Pos Indonesia yang kurang memadai. Metode penelitian yang dipakai adalah pendeketan kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota bandung yang pernah menggunakan asuransi barang pos indonesia sebanyak 100 orang. Dengan menggunakan sampel cluster dengan metode probability sampling. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah kuesioner. Metode analisis data yang dipakai adalah uji validitas dan reliabilitas, dan analisis regresi linear berganda. Alat bantu pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 23.0. hasil penelitian yang dilakukan yaitu terdapat pengaruh antara harga dan kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan pada asuransi pengiriman barang di PT Pos Indonesia (Persero). Kemudian harga dan juga kualitas jasa memberikan pengaruh sebesar 77% terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa jika harga premi asuransi yang diberikan sesuai dengan apa yang didapat dan juga kualitas jasa yang diberikan pada pelanggan baik.ini akan menciptakan kepuasan pada pelanggan dan pelanggan akan memungkinkan untuk membeli kembali dan merekomendasikannya kepada orang terdekat. Kata Kunci: Harga, Kualitas Jasa, Kepuasan Pelanggan, Asuransi Barang Pos Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:15
Last Modified: 07 Mar 2024 07:15
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item