Pengaruh kualitas produk terhadap Kepuasan Konsumen Aplikasi POS AJA di kota Bandung (1.4.4.23.004/RIZ/P)

FATURRAHMAN, RIZKI and ANGGRAENI, ANGGA DEWI and DIAWATI, PRETY (2023) Pengaruh kualitas produk terhadap Kepuasan Konsumen Aplikasi POS AJA di kota Bandung (1.4.4.23.004/RIZ/P). Diploma thesis, ULBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk memajukan perusahaan PT Pos Indonesia mengeluarkan aplikasi Pos Aja untuk meningkatkan Faktor kepuasan pelanggan diantaranya adalah kualitas layanan dan costumer experience. Permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah apakah kualitas aplikasi Pos Aja mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan di Pos Aja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas aplikasi Pos Aja terhadap kepuasan konsumen di Indonesia. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas aplikasi Pos Aja (X) idikator yang digunakan adalah fitur, kinerja, kesesuaian kinerja, ketahanan, kehanadalan, kemudahan service, kualitas yang dipersepsikan, serta esthetics dan kepuasan pelanggan (Y) dengan indikator pemenuhan harapan pembeli, keadaan atau kemauan memakai ulang dan menyarankan terhadap orang lain. Sejauh ini berdasarkan review pengguna aplikasi Pos Aja yang bias dilihat di playstore terdapat keluhan terhadap aplikasi Pos Aja berkaitan dengan fitur bug aplikasi, beberapa fenimena lokasi pelanggan tidak terdeteksi dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakan adalah pendeketan kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Bandung yang pernah menggunakan aplikasi Pos Aja sebanyak 100 orang dan teknik pengambilan sampel yang dilakukan melalui metode non-probability sampling. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Data kemudian dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta analisis regresi linear sederhana. Proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS for Windows versi 26. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah menemukan adanya pengaruh antara kualitas produk aplikasi Pos Aja dan kepuasan konsumen aplikasi tersebut di Kota Bandung. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Aplikasi Pos Aja di kota bandung sebesar 18,4% hal ini menandakan bahwa pengaruh kulaitas peroduk tidak terlalu besar masih ada pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas aplikasi, Kepuasan Pelanggan, Pos Aja, PT Pos Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:16
Last Modified: 06 Mar 2024 08:16
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item View Item