PENGARUH KENAIKAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) 11% TERHADAP DAYA BELI MOBIL PADA AUTO2000 PASTEUR BANDUNG (1.3.4.23.011/SIL/P)

WOMAN, SILKI YULIANTI and Marismiati, Marismiati and Juwita, Rukmi (2023) PENGARUH KENAIKAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) 11% TERHADAP DAYA BELI MOBIL PADA AUTO2000 PASTEUR BANDUNG (1.3.4.23.011/SIL/P). Diploma thesis, ULBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Woman, Silki Yulianti, 2023, “Pengaruh Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11% Terhadap Daya Beli Mobil Pada Auto2000 Pateur Bandung”, Laporan Tugas Akhir. Program Studi S1 Terapan Akuntansi Keuangan, Universitas Logistik & Bisnis Internasional, Pembimbing Utama: Marismiati, SE.,M.Si. Pembimbing Pendamping: Rukmi Juwita, SE.,M.Si.,Ak.,CA. Peraturan perpajakan di Indonesia akan mengalami banyak perubahan seiring berjalannya waktu dan perubahan jaman. Pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang- Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Pajak Pertambahan Nilai (PPN) merupakan pajak atas konsumsi barang dan jasa di Daerah Pabean yang dikenakan secara bertingkat di setiap jalur produksi dan distribusi. Mulai tanggal 1 April 2022 Indonesia menetapkan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang sebelumnya sebesar 10% naik menjadi 11%. Salah satu contoh penjualan barang yang dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yaitu penjualan mobil. Auto2000 merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam penjualan mobil yang beberapa cabangnya terdapat di Kota Bandung, salah satu cabang Auto2000 yang berada di Kota Bandung yaitu Auto2000 Pasteur Bandung. Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kenaikan PPN terhadap daya beli mobil di Auto2000 Bandung Pasteur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pengumpulan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 91 konsumen yang membeli mobil di Auto2000 Pasteur Bandung pada periode 1 April 2022 – 30 April 2023, dan diolah menggunakan aplikasi SPSS dengan metode Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Korelasi spearman rank, Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis (Uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan PPN 11% tidak berpengaruh terhadap daya beli mobil pada Auto2000 Pasteur Bandung dengan presentase 0,5%. Kata Kunci: Pajak, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Daya Beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:10
Last Modified: 25 Jan 2024 04:10
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item