Analisis Rantai Nilai komoditas Tomat ( Study Kasus : Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat) (16114019)

Dwipa, Rangga and Dewi, Nurlaela Kumala and Siswanto, Budi Nur (2019) Analisis Rantai Nilai komoditas Tomat ( Study Kasus : Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat) (16114019). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB 1 RANGGA.pdf

Download (312kB)

Abstract

Permasalahan yang ada dalam komoditi pertanian di Desa Suntenjaya yaitu hasil survey di tingkat petani dan konsumen, adanya perbedaan harga yang yang dijual di Pasar Tradisional Caringin dan Pasar Tradisional akibat pola distribusi. Faktor – Faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan harga dari segi method adalah adanya perbedaan penanganan terhadap tomat, dari segi material adanya perbedaan kualitas tomat pada saat tomat berada di saluran distribusi seperti penurunan kualitas karena tomat termasuk barang mudah rusak (perishable goods), dari segi machine adanya perbedaan armada pengiriman, dari segi man terdapat pelaku distribusi yang menetapkan harga fluktuatif, banyaknya jumlah pelaku rantai pasok tomat, penjual yang membedakan harga jual pada pembeli lokal dan non local, dan dari segi environment adalah cuaca buruk yang mempengaruhi kualitas tomat. Metode yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah di dalam penelitian ini yaitu metode analisis fishbone, analisis value chain, dan metode analisis marjin pemasaran. Fishbone digunakan untuk melihat faktor faktor penyebab dari masalah yang terjadi pada rantai supply yang terjadi di pasar Caringin dan pasar Andir. Analisis value chain digunakan untuk mengetahui rantai nilai dan nilai tambah dari komoditas tomat, dan analisis marjin pemasaran digunakan untuk mengetahui panjang pendeknya rantai pemasaran yang mempengaruhi share semua pelaku. Kesimpulan yang di hasilkan dari penelitian ini yaitu penyebab terbesar perbedaan harga jual tomat yang terjadi di kedua pasar tradisional adalah biaya transportasi yang berbeda pada setiap saluran distribusi, dikarenakan perbedaan demand dan armada yang digunakan. Hasil analisis marjin pemasaran menunjukkan pada saluran Pasar Tradisional Caringin marjin total adalah sebesar Rp 8.400/Kg dengan harga jual Rp 10.000/kg dan saluran Pasar Tradisional Andir marjin total adalah sebesar Rp 11.400 /kg dengan harga jual Rp 13.000/kg. Kata Kunci : pola distribusi, marjin, harga tomat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 08 Mar 2022 08:02
Last Modified: 08 Mar 2022 08:02
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item