PENENTUAN JADWAL PREVENTIVE MAINTENANCE KOPLING DAN REM PADA ARMADA TRUK PD KEBERSIHAN KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE AGE REPLACEMENT (TA 13.16.20.65)

Permana, Agun and Syafrianita, Syafrianita and Dewi, Nurlaela Kumala (2020) PENENTUAN JADWAL PREVENTIVE MAINTENANCE KOPLING DAN REM PADA ARMADA TRUK PD KEBERSIHAN KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE AGE REPLACEMENT (TA 13.16.20.65). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK Meningkatnya pertumbuhan sampah di lingkungan masyarakat perkotaan, mengakibatkan produktivitas pengangkutan sampah dari setiap TPS menuju TPA semakin bertambah. Salah satu elemen penting dalam pengangkutan sampah yaitu tersedianya jenis armada truk yang dioperasikaan dalam kondisi yang baik. Setiap jenis armada truk yang beroperasi memerlukan perencanaan maintenance yang baik dan terjadwal supaya tidak selalu mengalami kerusakan dan mencegah peningkatan biaya pemeliharaan pada setiap armada kendaraan. Saat ini pemeliharaan armada truk PD Kebersihan Wilayah Operasional Bandung Utara masih bersifat corrective maintenance, hal tersebut berarti bahwa komponen truk akan diganti apabila benar�benar mengalami kerusakan. Komponen truk yang sering mengalami kerusakan adalah komponen kopling dan rem untuk itu kedua komponen ini merupakan komponen kritis yang harus memiliki jadwal preventive maintenance yang teratur. Sehingga pada penelitian ini difokuskan untuk mengetahui interval waktu penggantian komponen dan juga penghematan biaya perawatan komponen. Dalam penjadwalan preventive maintenance terdapat dua model yang digunakan yaitu Block Replacement dan Age Replacement (Jardine, 1973). Block Replacement adalah model penggantian pencegahan yang dilakukan pada suatu interval yang tetap tanpa memperhatikan umur komponen. Sedangkan Age Replacement adalah model penggantian pencegahan yang dilakukan tergantung pada umur pakai dari komponen. Pada penelitian ini penulis memilih menggunakan metode Age Replacement, mengingat pentingnya penentuan jadwal penggantian komponen berdasarkan usia pakai komponen yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan interval optimal penggantian pada komponen kopling dilakukan setiap 15.000 km dan komponen rem dilakukan setiap 11.000 km. Sehingga dengan digunakannya metode Age Replacement ini bisa menghemat biaya perawatan mencapai 94% pada komponen rem dan penghematan biaya 77% pada komponen kopling. Kata Kunci : Age Replacement, Preventive Maintenance, Perawatan Kendaraan ABSTRACT Increased waste growth in the urban community environment, resulting in productivity of transporting waste from each TPS to TPA location. One important element in the transportation of waste is the availability of a truck vehicles that are operated in good condition. Each type of truck vehicle that operates requires good and scheduled maintenance planning so that it does not always suffer damage and prevents increased maintenance costs on each vehicle fleet. At present the maintenance of the PD Kebersihan truck in North Bandung Operational Area is still corrective maintenance, which means that the truck components will be replaced if they are truly damaged. Truck components that often suffer damage are the clutch and brake components for these two components are critical components that must have a regular preventive maintenance schedule. So this research is focused on finding out the time interval for component replacement and also the component maintenance cost savings. In scheduling preventive maintenance there are two models used, namely Block Replacement and Age Replacement (Jardine, 1973). Block Replacement is a preventative replacement model that is carried out at a fixed interval regardless of component life. While Age Replacement is a preventative replacement model that is done depending on the service life of the components. In this research, the authors chose to use the Age Replacement method, given the importance of determining the component replacement schedule based on the pre-determined component's service life. Based on the results of research conducted shows the optimal interval replacement on the clutch component is done every 15,000 km and the brake component is done every 11,000 km. So that the use of the Age Replacement method can save maintenance costs reaching 94% on the brake components and 77% cost savings on the clutch component. Keywords: Age Replacement, Preventive Maintenance, Vehicle Maintenance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:54
Last Modified: 08 Mar 2022 06:54
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item