Pengaruh Kontrol diri dan Lingkungan Terhadap Mengemudi Agresifdengan Ketidaksabaransebagai mediator Pada Sopir Truk Pengangkut Sawit di Kisaran- Sumatera Utara (TA 13.16.20.15)

Erwina, Ririn and Lestiani, Melia Eka and Syafrianita, Syafrianita (2020) Pengaruh Kontrol diri dan Lingkungan Terhadap Mengemudi Agresifdengan Ketidaksabaransebagai mediator Pada Sopir Truk Pengangkut Sawit di Kisaran- Sumatera Utara (TA 13.16.20.15). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (297kB)

Abstract

vi ABSTRAK Pada lingkungan kerja untuk pekerjaan sebagai sopir truk, sering terjadi dimana seorang sopir truk mendapat jam kerja yang dirasa kurang wajar dan dapat mengakibatkan ketidakstabilan mengemudi. Kondisi ini dapat berdampak menimbulkan perilaku mengemudi agresif di jalanan yang berakibat fatal yaitu kecelakaan. Oleh karena itu penulis mengambil teori kontrol diri oleh Gottfredson dan Hirschi (1990) sebagai faktor internal dan teori Tasca (2000) sebagai faktor eksternal untuk menjelaskan pengaruh kontrol diri dan lingkungan terhadap perilaku mengemudi agresif di kawasan RAM timbangan sawit di Kisaran-Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan variabel mediasi yaitu ketidaksabaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dibantu aplikasi AMOS22 dengan 100 responden. Hipotesis dalam penelitain ini yaitu H1 :Pengaruh negatif kontrol diri dengan ketidaksabaran, H2: Pengaruh negatif lingkungan dengan ketidaksabaran, H3: Pengaruh negatif kontrol diri dengan mengemudi agresif , H4: Pengaruh negatif lingkungan dengan mengemudi agresif, H5: Pengaruh positif ketidaksabaran dengan mengemudi agresif. Hasil penelitian menunjukkan semua hipotesis dapat diterima dengan 2 persamaan struktural yang menjelaskan pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependennya.,yaitu: Ketidaksabaran = -0,246*kontrol diri - 0,267*lingkungan Mengemudi agresif= -0,156*kontroldiri-0,167*lingkungan + 0,444*ketidaksabaran Disimpulkan variabel ketidaksabaran memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap mengemudi agresif ditunjukkan nilai koefisien jalurnya sebesar 0,444 .Sedangkan pengaruh terhadap ketidaksabaran, variabel kontrol diri lebih dominan dibandingkan variabel lingkungan ditunjukkan nilai koefisien jalurnya sebesar - 0,246. Kata kunci : Kontrol diri, Lingkungan, Ketidaksabaran, Mengemudi agresif, SEM 7ii ABSTRACT In the work environment for a job as a truck driver, it often happens where a truck driver gets work hours that are considered to be less reasonable and can result in driving instability. This condition can lead to aggressive driving behavior on the road which has fatal consequences, namely accidents. Therefore the authors take the theory of self�control by Gottfredson and Hirschi (1990) as internal factors and Tasca's theory (2000) as an external factor to explain the effect of self-control and the environment on aggressive driving behavior in the RAM scales in the Range of North Sumatra. This study uses a mediating variable that is impatience. The method used in this study uses the Structural Equation Modeling (SEM) method assisted by the application of AMOS22 with 100 respondents. The hypotheses in this research are H1: Negative influence of self control with impatience, H2: Negative influence of environment with impatience, H3: Negative effect of self control by aggressive driving, H4: Negative effect of environment by aggressive driving, H5: Positive effect of impatience with aggressive driving. The results showed that all hypotheses could be accepted with 2 structural equations which explained the effect of each independent variable on the dependent variable, namely: Impatience = -0,246 * self-control - 0,267 * environment Aggressive driving = -0,156 * control-0,167 * environment + 0,444 * impatience It was concluded the variable of impatience had the most dominant influence on aggressive driving indicated the path coefficient value of 0.444. While the effect on impatience, self-control variables were more dominant than the environmental variables indicated the path coefficient value of -0,246. Keywords: Self-control, Environment, Impatience, Aggressive Driving, SEM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 07 Mar 2022 08:58
Last Modified: 07 Mar 2022 08:58
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item