ANALISIS RANTAI PASOKUNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP ( STUDI KASUS : BATIK PAOMAN ART,INDRAMAYU)-(TA.16.18.23.70)

Anjani, Saila and Ariffien, Afferdhy and Suntoro, Suntoro (2023) ANALISIS RANTAI PASOKUNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP ( STUDI KASUS : BATIK PAOMAN ART,INDRAMAYU)-(TA.16.18.23.70). Diploma thesis, PERPUSTAKAAN ULBI.

[img] Text
SAILA ANJANI_CD.rar

Download (5MB)

Abstract

Batik Paoman Art merupakan salah satu UMKM yang berkecimpung pada bidang produksi batik, khususnya pada kelurahan Paoman Indramayu. Batik yang di produksi oleh Batik Paoman Art ada 2 macam, yaitu batik tulis dan batik cap. Tidak hanya Paoman Art UMKM yang memproduksi Batik di kelurahan Paoman, ada banyak tempat produksi lain-nya, tidak hanya faktor tersebut yang mempengaruhi penurunan penjualan Paoman Art, seperti yang telah kita ketahui masuknya budaya asing dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari media cetak , media massa dan internet (media sosial) yang sangat mempengaruhi budaya Indonesia salah satunya fashion. Dengan adanya permasalahan tersebut Paoman Art mengalami penurunan penjualan dari tahun ke tahun (2018 – 2023). Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui strategi apa yang tepat untuk digunakan dalam strategi pemasaran Batik Paoman Art. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Rantai Pasok dimulai dari Supplier – Produksi – Distribusi – sampai dengan ke Pelanggan, dari ke 4 faktor tersebut akan di analisis faktor internal dan eksternal nya yaitu dengan menggunakan metode SWOT. Sehingga didapat matriks swot yaitu 12 Alternatif Strategi. Selanjutnya yaitu pengolahan dengan menggunakan metode AHP, Kriteria yang dipakai dalam AHP yaitu memakai strategi bauran pemasaran (marketing mix) yaitu 4P (Product, Price, Promotion, Place) dan untuk alternatif strategi yang dipakai yaitu didapat dari pengolahan matriks swot yaitu 12 Alternatif Strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan strategi dengan nilai tertinggi yaitu , Kriteria Produk dengan presentase nilai sebesar 52,72% untuk Alternatif strategi nya (Memanfaatkan stok yang ada dengan membuat produk batik baru yang sedang trend dimasa kini, Memperbanyak inovasi terhadap jenis produk yang sudah ada, Mengadakan sosialisasi mengenai peraturan jangka waktu dalam proses pembuatan batik kepada bagian produksi) Kriteria Promosi dengan presentase nilai sebesar 21,04% untuk Alternatif strategi nya (Meningkatkan pelayanan yang baik guna mempertahankan citra perusahaan jangka panjang, Menanyakan secara langsung kepada pelanggan mengenai keinginan dan kebutuhan yang diharapkan pelangggan ketika pelanggan berada di store offline, Membuat kotak saran baik dihalaman website paoman art maupun di store paoman art), Kriteria Tempat dengan presentase nilai sebesar 19,67% untuk Alternatif strategi nya (Penambahan saluran distribusi baru dengan memaksimalkan platform E-Commers, Mempelajari tehnik penjualanan pesaing sejenis yang telah menerapkan penjualan dengan menggunakan media online, Membuka kesempatan untuk tenaga kerja baru yang masih muda), Kriteria Harga dengan presentase nilai sebesar 6,54% untuk Alternatif strategi nya dan Harga (Bekerjasama dengan beberapa supplier, Melakukan penawaran lebih lanjut ketika order produk ke supplier dengan membandingkan produk supplier dengan produk supplier lain, Membuka program reseller lagi di beberapa wilayah).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:09
Last Modified: 28 Feb 2023 03:09
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item